5 Bahaya Minuman Berenergi Bagi Kesehatan Kita

Bahaya minuman berenergi ini sangat penting untuk diketahui, karena saat ini kita lihat televisi sedang gencar-gencarnya untuk mengiklankan minuman berenergi dengan berbagai rayuan yang bombastis yang tentu saja akan membuat konsumen semaki berbondong-bondong untuk mengkonsumsinya padahal minuma berenergi sangat berbahaya terhadap kesehatan kita. Beberapa waktu yang lalu saya sendiri mendapati orang yang mengalami gagal ginjal karena terlalu sering minum minuman berenergi untuk memulai aktivitasnya.
Minuman berenergi sesuai dengan slogannya berguna untuk meningkatkan energi sehingga sangat cocok untuk memulai aktivitas kerja atau olahraga lebih semangat. Padahal semua itu hanyalah slogan palsu semata, karena minuman berenergi hanya memberikan energi lebih sesaat untuk kemudian akan membuat lemas peminumnya. Berikut ini adalah beberapa bahaya dari minuman berenergi bagi kesehatan kita.


Mengandung bahan pengawet dan pewarna kimia
Bahaya minuman berenergi terutama dikarenakan oleh kandungan bahan pengawet dan pewarna kimia buatan yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Karena bahan pewarna tersebut merupakan senyawa radikal bebas yang sangat dinetralisir oleh tubuh sehingga pada jangka waktu tertentu dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal dan kanker sudah banyak yang menjadi korban dari minuman ini dari yang mengalami gagal ginjal sampai dengan terserang penyakit kanker.
Kandungan senyawa pewarna kimia ditambah dengan senyawa penambah energi secara efektif akan menyerang ginjal, membuat kerusakan fungsi ginjal dan pada akhirnya akan menyebabkan gagal ginjal karena ginjal tidak mampu bekerja secara optimal.
Menyebabkan obesitas
Bahaya minuman berenergi selanjutnya adalah kandungan kalori yang tinggi dan gula pemanis buatanya yang tentu saja akan sangat sulit untuk diurai pada proses metabolisme kita. Dengan minum minuman berenergi juga akan membuat usus tidak berfungsi secara optimal karena usus mengalami kejang dan bakteri baik dalam usus juga tidak bisa bekerja dengan optimal. Maka makan makanan apapun menjadi tidak berguna karena kandungan nutrisi atau vitamin tidak akan terserap oleh tubuh, sebaliknya akan menyebabkan penumpukan kolesterol dan lemak yang berlebih pada tubuh.
Pada satu penelitian disebutkan bahwa minum minuman berenergi dapat meningkatkan resiko obesitas 4 kali lipad dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah minum minuman berenergi.
Mudah cemas
Minuman berenergi dapat memacu jantung untuk bekerja lebih cepat akibatnya akan membuat jantung berdebar-debar dan menyebabkan mudah cemas, insomnia atau sulit tidur. Karena minuman bernergi mengandung sejumlah senyawa yang sangat mirip dengan kafein yang bertujuan untuk selalu membuat kita terjaga. Jika minum secara berlebih tentu sangat tidak baik karena hanya akan membuat kita menjadi stres dan terkena depresi.
Efek kecanduan
Minuman berenergi sendiri memberikan kita efek kecanduan dimana kita akan serasa lemas dan selalu kurang karena atau ada yang aneh karena belum minum minuman berenergi. Hal ini tentu saja akan membuat kita menjadi ketergantungan dengan minuman berenergi, setiap kita memulai bekerja atau ingin meningkatkan produktivitas selalu menggunakan minuman berenergi sebagai solusi.
Kulit keriput
Minuman berenergi memiliki kandungan radikal bebas yang sangat tinggi pada bahan kimia buatanya sehingga berdampak buruk bagi kesehatan kulit kita, membuat kulit kita menjadi keriput dan kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya. Karena radikal bebas pada minuman berenergi menghambat regenerasi sel kulit kita, sehingga sel kulit mati yang membusuk tidak digantikan dengan baik.

Itulah sejumlah bahaya dari minuman berenergi bagi kesehatan kita, untuk itu kita harus bijak mengguanakan minuman berenergi sebaik-baiknya.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,