Tips Menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

Tips menurunkan tekanan darah tinggi ini sangat berguna karena penderita penyakit tekanan darah tinggi semakin meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. Adalah gaya hidup tidak sehat pada jaman yang semakin modern ini dan termasuk juga pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab utama dari penyakit tekanan darah tinggi. Pola hidup yang serba sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk berolahraga dan bersantai untuk menenangkan pikiran menjadi penyebab tekanan darah tinggi, padahal tubuh dan jiwa kita sangat memerlukan waktu untuk berolah raga dan beristirahat. Ditambah lagi dengan gejala sulit tidur atau insomnia tentu semakin meninkatkan resiko penyakit darah tinggi, karena kurangnya tidur dapat menyebabkan stres dan depresi. Stres dan depresi sendiri merupakan salah satu gejala awal penyakit darah tinggi, karena stres dan depresi memiliki korelasi linier untuk meningkatkan resiko tekanan darah tinggi.
Pola makan sangat mempengaruhi tekanan darah, pola makan yang buruk biasanya berkorelasi dengan tekanan darah yang semakin meningkat. Gaya hidup yang serba sibuk biasanya mempengaruhi seseorang untuk mengkonsumsi makanan yang rendah nutrisi bahkan makan makanan yang memiliki bahan pengawet dan pemanis buatan yang tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. tidak hanya menyebabkan tekanan darah tinggi namun juga meningkatkan berbagai resiko penyakit yang lainya seperti kanker dan jantung.

Mencegah penyaki darah tinggi dengan makanan yang bergizi
Mencegah penyakit darah tingi dapat dimulai dengan menghindari berbagai macam makanan olahan karena selain mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan biasanya makanan olahan mengandung sejumlah senyawa natrium yang sangat tinggi. Senyawa natrium dengan kadar yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena langsung menaikan tekanan darah kita. Natrium juga banyak terdapat pada berbagai makanan cepat saji yang saat ini menjadi kegemaran masyarakat.
Konsumsilah makanan sehat dan mengandung nutrisi yang tinggi yang biasanya berasal dari berbagai makanan alami seperti sayuran hijau seperti bayam, bawang putih, pepaya, alpukat, kiwi dan pisang. Makananan tersebut mengandung nutrisi kalium yang sangat tinggi sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah secara signifikan. Karena menyeimbangkan kadar sodium dan mengurangi kadar natrium dalam tubuh.
Hindari makanan atau minuman yang menggunakan gula sebagi pemanis dan gantilah dengan madu dll yang bermanfaat pada kesehatan tubuh. makanan dan minuman yang mengadung gula berlebih meningkatkan resiko kegemukan dan tekanan darah tinggi. Gunakan minyak ikan sebagai penggati minyak goreng anda karen minyak goreng memiliki kandungan lemak dan kolesterol jahat yang dapat menimbulkan obesitas dan tekanan darah tinggi. Sedangkan kandungan omega-3 pada minyak ikan sangat berguna untuk menghancurkan berbagai tumpukan lemak yang berbahaya bagi tubuh kita. Disampung itu omega-3 sangat berperan penting sebagai asam lemak ensensia penambah energi tubuh.
Merubah polah hidup
Salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah menerapkan pola hidup yang tidak sehat. penyakit tekanan darah tinggi dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup yang sehat. rajin berolah raga adalah salah satu bentuk pola hidup yang sehat, usahakan setidaknya 2-3 kali seminggu untuk berolah raga ringan dengan joging atau jalan cepat.
Hidup dengan teratur seperti tidur pada jam maksimal 9 malam dan tidur selama 7-8 jam akan membantu kita untuk mendapat tubuh yang segar dan menghindari stres. Hindari rokok dan alkohol karena mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh dan terbukti meningkatkan resiko penyakit darah tinggi.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,