5 Cara Mengobati Dan Menghilangkan Sembelit

Pernah mengalami sembelit? Kebanyakan orang sibuk akan menjawab pernah mengalaminya, hal ini tidak aneh karena dengan perkembangan jaman yang modern dengan gaya hidup yang tidak sehat kerapkali menimbulkan masalah sembelit. Sebenarnya sembelit sendiri juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu seperti kanker, tekanan darah tinggi dan diabetes, namun pada survey mennujukkan bahwa 80 persen lebih orang yang menderita sembelit dikarenakan oleh gaya hidup tidak sehat.
Sembelit sendiri disebabkan oleh usus yang bergerak tidak teratur yang dapat disebabkan oleh kekurangan serat, kurang minum air putih dan juga kurang olahraga.  Meningkatnya kasus sembelit saat ini dituding disebabkan oleh berbagai makanan dan minuman yang mengandung bahan pemanis buatan dan bahan pengawet kimia yang sangat sulit untuk dicerna oleh pencernaan kita. Berbagai makanan cepat saji dan makanan olahan yang beredar saat ini tidak lepas dari bahan-bahan berbahaya tersebut.
Mancegah sembelit dan menyebuhkan sembelit selain dengan merubah kebiasaan hidup terutama pada makanan juga dapat menggunakan berbagai macam obat yang tersedia di berbagai toko apotik saat ini. Selain itu obat untuk mengobati penyakit tertentu seperti obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi juga sangat efektif untuk mengobati sembelit. Obat lainya yang mujarab adalah obat anti depresan, obat penghilang energi.
Mengobati sembelit dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Komsumsi serat
Mengobati sembelit sangat mudah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan serat yang tinggi, kekurangan serat sendiri menjadi penyebab utama dari sembelit. Serat berfungsi untuk menunjang berbagai bakteri baik dalam usus sehingga akan sangat membantu usus untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Kita bisa mendapati serat pada sayuran yang berwarna hijau, tapi biasanya semua sayuran juga mengandung kandungan serat walaupun tidak sebanyak pada sayuran yang berwarna hijau. Untuk memastikan manfaat serat bagi tubuh kita sangat mudah sekali, biasanya setelah makan sayuran kita buang air besar dengan mudah bukan? itu adalah berkat jasa dari serat yang ada pada sayuran.
Minum air yang cukup
Air merupakan kebutuhan utama bagi manusia, mengkonsumsi air sangat berguna untuk mencegah dan mengobati sembelit. Karena kekurangan air akan menyebabkan kita menjadi terdehidrasi akibatnya organ tubuh menjadi tidak optimal menjalankan fungsinya, pada usus akan menyebabkan gerak yang tidak normal sehingga akan menyebabkan sembelit. Kebutuhan air bagi manusia idealnya adalah 2,5 liter sampai dengan 3 liter tentu itu sudah termasuk air putih dan kandungan air mineral pada berbagai sayuran, buah-buahan, dan makanan, termasuk juga minuman seperti kopi dan teh. Namun demikian air putih memiliki porsi tersendiri yang lebih banyak yaitu idealnya 1 liter.
Minyak jarak
Mengobati sembelit dapat dilakukan dengan mengkonsumsi minyak jarak, orang jaman dulu sudah mempratikan hal ini dengan menambahkan dua sendok minyak jarak kedalam segelas susu sudah dapat menghilangkan sembelit.
Jeruk
Orang jaman dulu sudah mempercayai bahwa buah jeruk dapat mengobati sembelit. Orang dulu terbiasa untuk menggunakan dua sendok air jeruk hangat ditambahkan dengan garam untuk mengatasi sembelit, hal ini karena air jeruk hangat terbukti efektif untuk membuat usus menjadi sehat.
Olahraga
Kurang olahraga sendiri menjadi sebab dari timbulnya olahraga, dengan mengusahakan olahraga secara rutin walaupun ringan sangat efektif untuk menyembuhkan dan menghindari sembelit. Dengan olahraga secara otomatis kita akan merubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat. Olah raga dapat menormalkan kembali gerak dari usus kita menjadi normal seperti biasanya.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,