Menghindari Pilek Dan Flu Pada Musim Hujan Dengan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Kita

Meninkatkan sistem kekebalan tubuh sangat penting bagi kita agar kita terhindar dari berbagai macam serangan penyakit terutama yang disebabkan oleh perubahan cuaca. Seperti diktehui akhir-akhir ini kita dihadapkan pada berbagai perubahan cuaca yang tidak menentu, yang mana hal ini akan berakibat kurang baik bagi kesehatan kita, kebanyakan ketika musim hujan tiba banyak sekali yang mudah terserang penyakit flu atau pilek, karena tidak memiliki kekebalan tubuh yang baik.
Pada musim hujan biasanya banyak yang terserang penyakit flu, hal ini disebabkan oleh infeksi pada saluran pernapasan bagian atas namun demikian kalau kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik maka secara alam mekanisme dalam tubuh mampu menyembuhkannya 2 sampai 8 hari. Jika dalam rentang waktu tersebut tidak sembuh-sembuh maka ada baiknya untuk segera pergi ke dokter, karena sangat mungkin akan timbul berbagai penyakit berbahaya yang lainya seperti bronkitis, pneumonia dan gangguan pada telinga.
Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik kita dapat menhindari penyakit flu baik dari infeksi pernapasan maupun dari penularan penyakit seperti melalui kontak secara langsung dengan penderita maupun melalui udara.
Minum obat flu adalah solusi yang paling praktis bagi sebagian orang, namun sering minum obat atau pil anti flu juga dapat menurunkan sistem kekebalan kita dalam jangka waktu tertentu. Dan kemungkina bakteri atau virus menjadi imune terhadap obat yang kita minum. Beberapa orang bahkan alergi untuk minum pil. Untuk itu sangat diperlukan kesadaran, bahwa flu atau pilek paling baik dicegah atau diobati menggunakan berbagai makanan yang memang membantu untuk mengobati flu. Solusi terbaik adalah mengkonsumsi bahan makanan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, karena selain membantu kesehatan kita bahan makanan alami juga sama sekali tidak memiliki efek atau dampak tidak baik terhadap tubuh kita.
Beberapa makanan yang memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan kita rata-rata sangat berguna untuk menyembuhkan kita dari flu atau pilek dengan meningkatkan sekresi lendir dalam paru-paru kita. Pada penderita flu sendiri biasanya terjadi peningkatan produkis lendir dalam paru-paru sehingga membuat pernapasan terasa sesak.
Bawang
Bawang putih memiliki manfaat untuk mecegah dan menyembuhkan penyakit pilek juga. Bawang putih memiliki kandungan allicin yan berguna untuk mengatur aliran lendir penyebab dari penyakit pilek. Pada satu penelitian makan satu sendok bawang putih dan madu yang telah dihancurkan atau di jus sudah dapat mengobati penyakit batuk dan bronkitis. Kita juga bisa mendapatkan manfaat secara langsung dari bawang putih untuk mencegah berbagai makanan sayur yang menggunakan bawang putih sebagai bahan bumbu penyedapnya.
Cabai
Cabai merupakan bahan makanan rempah-rempah yang bercita rasa pedas, rasa pedas pada cabai ini disebabkan oleh kandunan senyawa capsaicin. Capsaicin sendiri sangat berguna untuk menghilangkan infeksi pada pernapasan kita. Capsaicin sendiri sangat berguna untuk meningkatkan aktifitas dari saraf vagus yang bergfungsi untuk membantu pernapasan kita. saraf vagus bergunan untuk memproduksi cairan yang sangat berguna untuk menyapu bersih berbagai infeksi bakteri yang dapat mengganggu pernapasan kita.
Bahan makanan lain yang memiliki kesamaan manfaat dengan cabai adalah paprika, dan merica yang sama-sama memiliki cita rasa yang pedas.
Ayam
Sup ayam diketahui dapat menyembuhkan gangguna pernapasan hal ini tidak dilepaskan dari asam amino alami yang disebut sistein, sangat baik untuk menambah cabai, lada hitam dan bawang dalam sup ayam supaya dapat menyembuhkan pilek secara lebih cepat.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,