Manfaat Seledri Terhadap Kesehatan Kita

Manfaat seledri bagi kesehatan sangat besar sekali karena seledri sendiri mengandung kandungan nutrisi vitamin A, vitamin C, Vitamin B kompleks vitamin K, asam folat, potasium, sodium, kalsium, mangan dan magnesium dan niacin sehingga sangat berguna untuk menunjang kesehatan kita. Untuk itu seledri sendiri sudah digunakan oleh orang jaman dulu selain sebagai makanan juga sebagai obat-obatan.
Seledri sendiri merupakan salah satu sumber makanan sehari-hari yang populer karena merupakan pelengkap makanan yang membuat makanan menjadi lebih enak. Seledri di negara kita memiliki jumlah yang sangat melimpah karena seledri tumbuh dengan baik di negara-negara yang beriklim tropis. Sehingga tidak heran kalau banyak sekali makanan tradisional kita menggunakan seledri sebabai salah satu bahan bakunya.
Tingginya kandungan nutrisi pada seledri membuat seledri sangat menunjang kesehatan kita, manjaga agar tubuh kita tetap sehat serta menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah manfaat seledri terhadap kesehatan kita.
Menurunkan tekanan darah tinggi
Seledri pada suatu penelitian diketahui dapat menurunkan tekanan darah secara efektif hal ini dikarenakan seledri mengandung senyawa Para phthalides yang sangat bergunan untuk membuat jaringan otot arteri menjadi tenang dan tindak tegang, disamping itu Para phthalides juga mampu memperbesar jaringan arteri sehingga mampu melancarkan peredaran darah dan menghindari peredaran darah tersumbat yang pada akhirnya akan menurunkan resiko tekanan darah. Di lain pihak Para phthalides juga berfungsi untuk menangkal atau menghambat produksi hormon stres yang menjadi penyebab utama dari penyakit stres. Stres seperti yang diketahui adalah salah satu penyebab penyakit tekanan darah tinggi, semakin meningkatnya jumlah penderita tekanan darah tinggi salah satunya disebabkan oleh stres itu sendiri.
Menurunkan kadar kolesterol
Pada satu penelitian didapatkan ternyata seledri memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. seledri mampu meningkatkan sekresi empedu pada tubuh sehingga pada akhirnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol ini pada akhirnya membuat seledri juga mampu mencegah dan menurunkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kolesterol seperti tekanan darah tinggi dan jantung.
Mencegah perandangan
Seledri memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat berguna untuk mencegah berbagai penyakit peradangan. Seledri diketahui dapat mencegah nyeri sendi dan rematik. Kandungan antioksidan pada seledri sangat berguna untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas yang berasal dari polutan. Serangan radikal bebas sendiri dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker dan tumor.
Mencegah gangguan pencernaan
Seledri sangat berguna untuk membantu pencernaan menjalankan fungsi nya serta mencegah berbagai masalah yang berhubungan dengan pencernaan seperti sembelit. Hal ini tidak terlepas dari kandungan serat dan asam folat pada seledri yang membantu usus untuk berfungsi secara optimal serta menghilangkan berbagai tumpukan lemak yang dapat mengganggu pencernaan.
Menunjang sistem kekebalan tubuh
Seledri memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga menghindarkan kita dari serangan penyakit seperti flu dan pilek. Kemampuan seledri untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita ini tidak terlepas dari kandungan vitamin C, Vitamin K dan magnesium. Seledri juga mampu mencegah kerusakan sel tubuh karena serangan radika bebas sehngga mampu menurunkan resiko berbagai macam penyakit seperti jantung, kanker, stroke, rematik dan nyeri sendi.

Demikianlah beberapa manfaat seledri bagi kesehatan kita, seledri walaupun sepele namun memiliki banyak sekali manfaat untuk menunjang kesehatan kita. Untuk itu jangan pernah meremehkan seledri.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,