Tips Sederhana Pola Makan Sehat

Tips makan sehat ini sangat berguna untuk menjaga atau menunjang kesehatan anda, dalam banyak sekali penelitian penyebab timbulnya berbagai penyakit yang paling utama adalah pola makan, perlaku makan, sampai dengan jenis makanan apa yang dikonsumsi. Bahkan paling tidak makanan memiliki persentase sebanyak 90 persen penyebab berbagai penyakit. Selain gaya hidup, pola makan bisa menjelaskan pertanyaan kenapa orang jaman dulu sehat-sehat dibandingkan dengan orang jaman sekarang. Itu karena banyak sekali jenis makanan olahan baru yang ada saat ini mengandung banyak bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Menerapkan pola makan yang sehat adalah cara yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan kita dan menghindari serangan berbagai penyakit. Bagaimanapun juga mencegah itu lebih baik daripada mengobati.
Motivasi Mengatur Diri Sendiri
Pola Makan sehat perlu persiapan untuk mengatur diri kita sendiri, apakah kita benar-benar mampu untuk menjalankan pola makan sehat tersebut, apakah kita mampu untuk mengurangi jumlah nasi dalam sarapan dan hanya makan makanan ringan seperti sayuran saja. Kebanyakan orang tidak mampu terutama orang indonesia yang sudah terlanjur untuk makan nasi, memang banyak sekali anjuran untuk menggantinya dengan singkong atau ubi jalar yang memberikan cukup energi bagi kita dalam beraktivitas. Solusi yang terbaik jika memang tidak mampu mengurangi nasi bisa menakalinya dengan nasi merah, nasi merah sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi dengan karbohidrat lebih sedikit sehingga dengan makan nasi kita bisa mendapatkan kenyang, mendapatkan cukup energi, dan kecil kemungkinan mengalami kegemukan.
Membiasakan untuk makan dengan jumlah lebih besar pada siang hari, makan besar pada siang hari sangat disarankan karena selain untuk mendapatkan energi yang hilang karena aktivitas siang hari juga dikarenakan sistem metabolisme mengalamin puncaknya pada siang hari, sehingga makanan akan lebih dikonversikan ke energi dibandingkan menjadi lemak yang menumpuk pada tubuh.
Motivasi yang  kuat untuk menerapkan pola makan yang sehat juga akan menghindarkan kita dari makan berlebih sebagai pelampiasan karena stres atau depresi, perlu diketahui sebagian besar orang yang mengalami stres cenderung makan dalam jumlah yang besar karena menjadikan makan sebagai pelampiasan, akibatnya bukanya ketenangan batin melainkan obesitas yang didapat.
Makan Menjelang Tidur
Kebiasaan makan-makanan ringan atau makan sebelum tidur juga tidak baik, kebanyakan orang makan pada malam karena merasa lapar walaupun sudah makan yang cukup pada sore hari, jadi bisa dipastikan rasa lapar tersebut bukan lapar yang sebenarnya namun Cuma perasaan karena kebiasaan makan sebelum tidur. Beberapa orang mengakalinya dengan makan makanan ringan karena takut gemuk, padahal makanan ringan atau camilan seringkali mengandung bahan berbahaya bagi tubuh, bahan pemanis buatan dan bahan pengawet kimia sudah menjadi bahan dasar makanan ringan yang sangat tidak baik bagi kesehatan kita. Solusi yang terbaik ketika merasa lapar adalah makan buah, karena selain bisa menghilangkan rasa lapar pada malam hari juga mengandung banyak sekali nutrisi sehingga tidak memberatkan kerja metabolisme, karena bagaimanapun juga sistem metabolisme kita memerllukan istirahat setelah bekerja seharian.
Air Putih
Minum air putih yang banyak sangat dianjurkan paling tidak 1 liter dalam satu hari, karena air putih akan memberikan kita energi untuk aktivitas kita. Air putih juga membantu metabolisme kita agar bejalan secara optimal dalam menjalankan fungsinya juga melarutkan beerbagai makanan yang kita konsumsi.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,