Berbagai Makanan Yang Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Seringkali tidak disadari bahwan banyak makanan disekitar kita yang dapat menyebabkan tekanan darah jadi tinggi, kita seringkali mengkonsumsinya begitu saja tanpa memikirkan dampak buruk dari makanan tersebut bisa dikarenakan kita suka atau mungkin memang sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari untuk mengkonsumsi makanan tersebut.
Untuk diketahui jumlah penderita penyakit tekanan darah tinggi saat ini semakin meningkat dari tahun ke tahun jadi tekanan darah tinggi tidak bisa dianggap enteng padahal penyebabnya sangat sepele yaitu kebiasaan makan makanan yang berpotensi menaikan tekanan darah. Berikut ini adalah makanan yang harus anda hindari agar anda terhindar dari potensi tekanan darah tinggi.


Susu
Susu memang merupakan salah satu minuman yang menyehatkan karena dapat memberikan asupan kalsium dan kalium yang cukup bagi tubuh anda. Namun bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi sangat tidak direkomendasikan untuk minum susu karena susu mengandung kandungan lemak yang sangat tinggi sehingga sangat berpotensi untuk menaikan tekanan darah anda. Jika memang anda harus terpaksa untuk minum susu dalam diet makanan anda maka direkomendasikan untuk minum susu dengan kandunga rendah lemak, paling tidak 0,2 persen.
Acar
Acar merupakan bahan makanan yang sangat populer sebagai pelengkap suatu makana, karena memberikan rasa yang segar pada satu makanan. Acar sendiri merupakan makanan yang memiliki kandungan rendah lemak dan kolesterol namun demikian tahukah anda? Bahwa acar sebenarnya memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi, untuk diketahui bahwa salah satu penyebab makanan berpotensi menaikan tekanan darah tinggi adalah kandungan natrium nya. Acar memiliki kandungan sodium dengan kadar yang melebihi dari kebutuhan kita akan sodium itu sendiri, tercatat acar memiliki kandungan sodium 1/3 dari yang kita butuhkan. Jadi acar sangat tidak direkomendasikan sebagai bahan makanan terutama bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi.
Sauerkraut
Sauerkraut mungkin bukan makanan yang populer karena jarang dikonsumsi oleh kita, namun sauerkraut banyak disediakan di restoran atau mal-mal. Sauerkraut sendiri merupakan makanan yang berasal dari kubis yang diasinkan sehingga mengandung kandungan nutrisi yang tinggi seperti vitamin C, vitamin K dan serat sehingga menunjang kesehatan kita. Namun buat anda yang menderita tekanan darah tinggi sauerkraut sangat tidak direkomendasikan karena memiliki kandungan sodium yang sangat tinggi, tercata sauerkraut memiliki kandungan sodium 19 persen melebihi dari yang kita butuhkan, besar sekali bukan.
Mie
Mie merupakan makanan yang sangat populer di seluruh dunia karena sangat praktis ditambah lagi dengan banyak nya mie instan yang beredar dipasaran dengan berbagai merek. Namun untuk diketahui mie mengandung banyak sekali senyawa yang sangat tidak sehat bagi tubuh. mie instan memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi dan juga kandungan natrium yang sangat tinggi bahkan kandungan natrium pada mie instan sebesar 70 persen dari yang kita butuhkan. Untuk itu mie sangat tidak direkomendasikan terutaman bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi karena memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi.
Alkohol
Minuman beralkohol sangat tidak direkomendasikan untuk penderita tekanan darah tinggi karena alkohol akan merusak jaringan pembuluh darah dan menaikan tekanan darah. Dibandingkan dengan makanan yang lainya alkohol memiliki potensi paling tinggi untuk menaikan tekanan darah.
Roti

Roti memiliki bahan dasar tepung terigu, roti sangat tidak sehat karena dapat meningkatkan tekanan darah hal ini disebabkan oleh kandungan lemaknya yang sangat tinggi. Jadi bagi penderita tekanan darah tinggi sangat wajib untuk menghindari roti dan berbagai produk turunanya.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,