Berbagai Alasan Kesehatan Menurunkan Berat Badan

Alasan kesehatan menurunkan berat badan sangat banyak sekali walaupun banyak orang tidak memperhatikanya, sebagaian besar orang tidak memperhatikan berat badan mereka karena mereka tidak mau tahu berbagai dampak buruk kelebihan berat badan atau kegemukan terhadap kesehatan mereka. Padahal ancaman kegemukan terhadap kesehatan terbilang sangat serius karena meningkatkan berbagai resiko serangan berbagai macam penyakit.
Berbagai penyakit yang ditimbulkan dari kegemukan adalah sebagai berikut
Penyakit jantung
Kegemukan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, kanrena penumpukan lemak dan kolesterol jahat yang berlebih dalam tubuh akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan mengganggu peredaran darah dalam tubuh yang pada akhirnya akan meningkatkan resiko serangan penyakit jantung, penyakit jantung sendiri sampai saat ini merupakan salah satu penyakit paling mematikan nomer satu di dunia dan belum ada obatnya.
Penyakit kanker
Pada satu penelitian didapatkan hasil ternyata kegemukan meningkatkan resiko penyakit kanker berlipat-lipat dibandingkan dengan mereka yang memiliki badan ideal. Kegemukan meningkatkan hampir semua jenis kanker seperti kanker payudara, kanker pankreas, kanker hati, kanker tiroid, kanker ginjal. Penyebabnya hampir sama dengan jantung yaitu penumpukan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sehingga menyebabkan fungsi organ menjadi ternganggu salah satunya adalah ketidak mampuan tubuh untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas yang menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker.
Diabetes
Salah satu alasan kenapa harus menurunkan berat badan adalah menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2. Untuk diketahui kegemukan merupakan salah satu penyebab utama dari meningkatnya resiko diabetes, jadi kalau ada yang mengatakan kegemukan sangat identik dengan diabetes hal itu tentu tidak salah. Kegemukan berarti menumpuk kolesterol jahat dan sejumlah kalori dalam tubuh sehingga hal tersebut mengganggu proses penyerapan insulin dalam tubuh. untuk diketahui salah satu penyebab utama dari penyakit diabetes adalah terngganggunya penyerapan senyawa insulin dalam tubuh.
Penyakit flu
Dalam satu penelitian disebutkan bahwa kegemukan ternyata menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan mudah sekali terserang penyakit seperti flu. Dibandingkan yang lain orang yang gemuk lebih mudah terserang penyakit flu meskipun hanya disebabkan oleh perubahan suhu sedikit. Penurunan sistem kekebalan tubuh tentu akan menimbulkan berbagai serangan penyakit berbahaya lainya namun yang paling kentara tentu saja adalah serangan penyakit flu.
Depresi
Kegemukan memiliki korelasi dengan depresi, hal ini sangat wajar terutama pada wanita karena wanita cenderung sensitif dengan penampilan alhasil penampilan badan yang gemuk dan besar dianggap sebagai sesuatu yang memalukan dan membuat tidak percaya diri sehingga menimbulkan stres atau depresi bahka diluar negeri sendiri sudah ada yang bunuh diri dikarenakan depresi yang hanya disebabkan oleh berat badan yang berlebih.
Mengganggu aktivitas
Memiliki berat badan yang tidak ideal tentu akan mengganggu aktivitas dalam keseharia atau dalam pekerjaan, karena gemuk akan membuat pergerakan menjadi lebih lambat karena membawa beban yang berlebih dibandingkan dengan yang lain. kegemukan juga akan membuat kita menjadi mudah lelah.
Memiliki badan yang gemuk tentu membuat beban tulang akan semakin berat, maka tidak jarang badan gemuk akan lebih meningkatkan resiko nyeri tulang atau patah tulang karena beban badan yang berlebih. Pada satu penelitian disebutkan bahwa memiliki berat badan yang berlebih lebih meningkatkan resiko patah tulang dan nyeri tulang 3 kali lipat dibandingkan denga merekan yang memiliki berat badan ideal.

Itulah beberapa alasan kenapa anda harus menurunkan berat badan anda menjadi ideal, untuk itu hidup sehat dan menghindari obesitas adalah keharusan bagi anda.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,