4 Manfaat Penting Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat kunyit bagi kesehatan tentu sangat banyak sekali, dari jaman dulu kunyit sendiri sudah dipercaya sebagai obat herbal, dimana kunyit sudah menjadi bagian dari pengobatan tradisional kita. Kunyit sendiri merupakan tanaman rempah yang banyak sekali tumbuh di daerah tropis seperti indonesia. Di Indonesia sendiri kunyit menjadi populer karena digunakan  sebagai bahan untuk jamu, minuman tradisional indonesia yang menyehatkan.
Kunyit memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang menyehatkan sehingga kunyit memiliki manfaat bagi kesehatan yang sangat banyak sekali. Kunyit efektif untuk menangkal berbagai macam resiko penyakit seperti kanker, diabetes tipe dua, dan menyembukan luka. Kunyit juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh yaitu dengan menurunkan berat badan dan kecantikan. Untuk itu kita sendiri harus bangga karena nenek moyang kita sendiri sudah menggunakan kunyit dengan optimal untuk pengobatan, warisan dari nenek moyang kita yang tetap ada sampai saat ini adalah jamu-jamu.
Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan kita.

Menurunkan resiko kanker
Kunyit terbukti untuk menurunkan resiko penyakit kanker, dalam dunia medis saat ini kunyit berfungsi untuk membantu kemoterapi untuk menurunkan resiko kanker. Kemoterapi sendiri diketahui lebih efektif apabila dibantu dengan kunyit, kemoterapi merupaka terapi mencegah kanker yang paling populer saat ini di dunia.
Kunyit sendiri memiliki kandungan senyawa antioksidan curcumin, senyawa yang membuat warna kunyit menjadi kuning tua. Curcumin sendiri sangat efektif untuk mengkal berbagai radikal bebas penyebab kanker dengan membantu perumbuhan bakteri baik pada organ tubuh  seperti usu, pankreas dll. Dengan bakteri baik ini maka kinerja organ tubuh akan lebih optimal karena membantu untuk menghancurkan racun, kolesterol, dan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga akan melindungi tubuh kita dari resiko bermacam kanker.
Pada satu penelitian didapatkan hasil ternyata mengkonsumsi kunyit dengan rutin menurunkan resiko tidak hanya satu jenis kanker saja melainkan hampir semua jenis penyakit kanker. Ini tentu sangat unik dibandingkan dengan makanan bergizi yang lainya, dimana biasanya hanya dapat mencegah satu atau dua jenis kanker saja.
Mencegah diabetes tipe dua
Kunyit dapat mencegah resiko penyakit diabetes tipe dua, yang merupakan penyakit diabetes dikarekan gangguan tubuh yang tidak dapat menyerap insulin dengan baik. Diabetes tipe dua lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.
Kunyit diketahui dapat menurunkan resistensi insulin pada tubuh, membantu tubuh untuk menyerap insulin dengan baik. Saat ini kunyit sendiri sudah menjadi bahan obat diabetes yang sangat populer di dunia. Jamu dengan bahan kunyit sendiri dari jaman dulu sudah dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kecing manis dan kencing batu.
Menurunkan berat badan
Kunyit bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena memecah berbagai tumpukan lemak yang menjadi penyebab kegemukan. Kunyit juga efektif untuk menurunkan kolesterol karena menghancurkan tumpukan lemak jahat (LDL).
Menjaga kecantikan

Manfaat kunyit bagi kecantikan sudah tidak diragukan lagi, sejak jaman dulu kunyit dianggap meningkatkan kecantikan. Dengan cara mengoleskan kunyit yang telah dihancurkan terhadap kulit. senyawa antioksidan curcumin pada kunyit efektif melindungi kulit dari berbagai serangan radikal bebas. Sehingga dapat menjaga kulit tetap halus dan bercahaya menghindari kulit kusam, keriput dan juga menjaga kulit untuk tetap elastis sehingga akan terlihat tetap awet muda. Wanita  jaman dulu sudah menggunakan ramuan jamu kunyit untuk menjaga kecantikan mereka.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,