Tips Menjaga Dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar Dari Pilek

Pernah mengalami flu atau pilek ketikan musim hujan? Atau tiba-tiba sakit karena perubahan suhu dan cuaca? Hal yang seperti ini tentu pernah dialami oleh hampir semua orang, apalagi saat ini kita ketahui cuaca seringkali tidak menentu kadang panas tiba-tiba hujan, perubahan cuaca yang tidak menentu dan mendadak inilah yang menjadi salah satu penyebab dari sakit, kebanyakan orang menderita pilek. Jika anda menderita pilek atau penyakit yang lainya ketikan terjadi perubahan cuaca hal ini menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh anda sedang menurun atau tidak baik, sistem kekebalan tubuh yang buruk akan berakibat pada mudah tubuh terserang berbagai penyakit.
Secara alami manusia sendiri sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik karenanya dapat menangkal berbagai serangan penyakit, bakteri, atau virus dari luar. Namun perubahan gaya hidup dan pola makan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun.
Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.
Sayur-sayuran
Sayuran mengandung kandungan nutrisi yang sangat tinggi, mengandung banyak sekali vitamin dan serat yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Salah satu kandungan vitamin pada sayuran yang sangat berguna untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan kita adalah vitamin A dan vitamin C.

Kebersihan
Jaga kebersihan dengan baik dan selalu cuci tangan ketika akan melakukan aktivitas seperti makan terutama pada musim hujan, karena menurut penelitian musim dingin, musim hujan adalah musim yang baik sebagai tumbuh kembangnya bakteri dan virus, sehingga pada musim hujan serangan berbagai bakteri dan virus terhadap sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat.
Sinar matahari
Usahakan untuk berada dalam jangkauan sinar matahari paling tidak 30 menit sehari dalam rentang waktu jam 6 pagi sampai dengan jam 9 pagi, hal ini sangat berguna agar tubuh mendapatkan vitamin D, seperti diketahui sinar matahari di pagi hari merupakan sumber tak terbatas untuk vitamin D. Vitamin D sendiri membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga dapat menghindari penyakit flu dan pilek. Kita juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D jika kita merasa kekurangan vitamin D dari sinar matahari, untuk diketahui pola hidup yang serba sibuk membuat kita kesulitan untuk mendapatkan sinar matahari di pagi hari selama 30 menit.
Bawang putih
Bawang putih merupakan bahan utama yang dapat meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini sudah dibuktikan dalam banyak sekali penelitian, adalah kandungan antioksidan allicin yang sangat tinggi pada bawang putih yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, allicin juga berguna untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya lainya dalam jangka panjang jika dikosumsi secara rutin. Kita tidak usah susah-susah untuk makan bawang putih secara utuh karena rasanya sendiri akan aneh dan tidak enak, namun cukup menambahkanya sebagai bumbu penyedap dalam makanan seperti sayuran dan sop jadi selain kita makan makanan yang enak juga mendapatkan efek yang sangat baik bagi kesehatan kita, mudah bukan.
Alpukat
Suka dengan jus alpukat? Kalau anda suka dan terbiasa mengkonsumsinya maka secara langsung anda juga menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan vitamin A dan E yang sangat berguna untuk meninkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada satu penelitian buah alpukan juga memiliki kandunga antioksidan yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh yaitu lycopene-kunci dan beta-karoten.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,