5 Manfaat Dari Buah Labu Yang Bergunan Bagi Kesehatan Anda

Buah labu merupakan buah yang banyak tumbuh di negara kita, buah labu  memiliki cita rasa yang manis ketika sudah di kukus meskipun tidak menggunakan gula sama sekali,  anda tidak percaya? Cobalah dipastikan anda akan ketagihan selain dimakan secara langsung buah labu juga bisa dijadikan kolak. Walupun demikian buah labu dinegara kita masih kalah populer dengan singkong atau ubi jalar, padahal selain buah labu memilki bentuk yang besar dan manis, buah labu juga memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah sama sekali dengan dengan singkong atau ubi bakar.
Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada buah labu maka sudah bisa dipastikan kalau buah labu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa macam manfaat buah labu bagi kesehatan yang harus anda ketahui.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita
Buah labu sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita karena memiliki  kandungan vitamin A dan vitamin C yang berguna bagi kita untuk menangkal berbagai serangan virus atau bakteri ke tubuh. Vitamin A sendiri mampu melindungi kita dari serangan penyakit menular dan infeksi. vitamin C berguna untuk melindungi kita dari serangan penyakit pilek dan flu, sehingga ketika musim hujan kita tidak mudah kena serangan penyakit flu dan batuk, kandungan vitamin C dalam buah labu juga sangat tinggi, satu potong buah labu dapat memenuhi 20% kebutuhan kita akan buah labu.

Menjaga kesehatan mata
Buah labu memiliki kandungan beta-karoten yang membuat buah labu itu sendiri berwarna merah kekuning kuningan, dalam tubuh beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A. Buah labu memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, untuk satu potong buah labu (ukuran satu cangkir) sudah dapat memenuhi 200% kebutuhan kita akan vitamin A. Vitamin A sendiri sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan sel-sel pada mata untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Seperti proses retina mengangkap cahaya. Buah labu juga memiliki kandungan antioksidan zeaxanthin dan lutein yang berguna untuk mencegah segala gangguan terhadap mata seperti makula, katarak dan rabun.
Menurunkan berat badan
Buah labu kaya akan kandungan serat, serat sendiri sangat berguna untuk membantu sistem pencernaan kita menjadi lancar, dengan menyerap nutrisi yang dimiliki makanan dan menghancurkan tumpukan kolesterol jahat dalam tubuh. Makan buah labu dapat menyebabkan kita cepat kenyang, rasa kenyang yang disebabkan oleh makan buah labu juga bertahan lebih lama, lebih lama dibandingkan dengan rasa kenyang yang didapatkan dari makan roti atau nasi. Untuk itu buah labu sangat membantu kita untuk mengendalikan nafsu makan makanan berlebih.
Buah labu juga memiliki kandungan rendah kalori, memiliki kandungan 90 persen air sehingga dapat membuat kita terhindar dari dehidrasi.
Menurunkan resiko penyakit kanker
Kandungan antioksidan beta-karoten pada buah labu sangat berguna untuk menurunkan potensi resiko penyakit kanker hal ini sudah dibuktikan bahwa orang yang menkosumsi makanan yang memiliki kandungan beta-karoten cenderung memiliki potensi penyakit kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan  mereka yang tidak, penyakit kanker disini bisa kanker prostat dan kanker paru.
Menjaga kehalusan kulit kita
Buah labu memiliki kandungan antioksidan seperti beta-karoten yang mampu melindungi kita dari sinar ultraviolet atau dari berbagai serangan radikal bebas yang dapat membuat kulit kita menjadi kusam dan keriput. Dengan kata lain buah labu akan menjaga agar kulit kita terlihat tetap muda.



No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,