Berbagai Nutrisi Yang Mampu Meningkatkan Kecerdasa Otak Kita

Betukan ada nutrisi yang dapat membuat kita jadi cerdas? Memiliki otak yang cerdas merupakan dambat kita semua, apalagi yang memiliki anak masih kecil tentu akan bahagia memiliki anak yang memiliki tingkat kecerdasan otak yang tinggi. Kecerdasan bukanlah lahir begitu saja melainkan melaui proses yang sangat panjang, kecerdasan selalu berhubunga dengan kebiasaan atau atitude kita. Namun makanan ternyata bisa menunjang tingkat kecerdasan kita, terutama sekali buat anak-anak yang masih kecil karena sedang berada dalam masa pertumbuhan dimana berbagai sel tubuh salah satu nya pada otak sedang berkembang. Makanan yang baik tentu memiliki berbagai macam nutrisi yang salah satunya berguna untuk menunjang kecerdasan otak, namun tidak semua memiliki nutrisi yang berguna untuk otak kita, diantara sedikit jenis makanan yang berguna bagi otak kita adalah dagin dan ikan.
Sudah sejak lama bangsa jepang sendiri percaya bahwa mengkosumsi ikan dapat menambah kecerdasan. Percaya atau tidak bangsa jepang saat ini memiliki indeks cerdas tertinggi di dunia, apakah ada hubungannya dengan konsumsi ikan yang mereka sukai? Tentu saja ada disamping kebiasaa berdisiplin dari bangsa jepang itu sendiri tentunya. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi kecerdasan kita semua nutrisi ini bisa ditemukan pada telur, daging, dan ikan.

Kreatin
Kreatin adalah kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan otot kita karenan kreatin memperbesar massa otot, untuk itu kreatin juga menjadi suplemen favorit para atlit karena dapat menunjang kemampuan fisik mereka. Kreatin berguna untuk mendaur ulang senyawa ATP dalam darah sehingga akan terbentuk energi cadangan untuk kita.
Kreatin tidak hanya berguna bagi otot kita tapi juga otak kita, karena otak sendiri membutuhkan energi untuk menunjang kegiatan dari sel otak kita. Proses yang dilakukan juga sama dengan proses pembentukan cadangan energi bagi otot kita. Dengan cadangan energi ini membuat kita lebih tahan lama menjalankan aktivitas tertentu, menjaga daya kosentrasi kita dalam jangka waktu yang lebih lama.
DHA
DHA atau Docosahexaenoic Acid merupakan salah satu bentuk aktif dari omega-3 seperti diketahui omega-3 banyak didapatkan di ikan seperti tuna dan salmon, omega-3 sendiri merupakan antioksidan yang memiliki fungsi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pada anak-anak DHA berperan penting bagi pertumbuhan kemampuan kognitif otak dan menghindari penyakit mental. Sedangkan pada usia dewasa DHA berperan untuk menurangi atau menghindari penurunan fungsi sel otak karena pertambahan usia.
Vitamin D3
Nutrisi vitamin D3 sangat berguna untuk melindungi kita dari gangguan otak seperti depresi, autoimun Multiple Sclerosis, dan gangguan kognitif lainya. Vitamin D3 sendiri didapatkan dengan mengkonsumsi minyak ikan atau lemak ikan. Kekurangan vitamin D3 juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya yang lain seperti penyakit jantung dan penyakit kanker.
Vitamin B12
Vitamin B12 dapat ditemukan pada daging, ikan,  telur vitamin B12 sangat berguna menjaga kesehatan otak dan jaringan saraf. Vitamin B12 sendiri merupakan vitamin yang larut dalam fungsi sel tubuh, dan juga berperan pada pembetukan sel darah otak dan juga fungsi sel otak. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gejala penyakit anemia, gangguan fungsi otak yang dapat menyebabkan gangguan mental karena pada akhirnya menyebabkan kerusakan permanen pada otak.
Vitamin B12 berperan penting untuk mempertajam daya ingat menghidarkan kita dari depresi, sebaliknya kekurangan vitamin B12 membuat kita mudah lupa, depresi dan mudah lelah ini semua pertanda awal yang akan meyebabkan gangguan permanen pada otak jika tidak dihentikan.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,