Ternyata Musik Bermanfaat Untuk Kesehatan Kita

Musik merupakan bahasa universal yang disukai oleh segala usia dari usia anak-anak sampai denga usia kakek-kakek. Dengan musik hidup terasa lebih menyenangkan, musik sendiri merupakan perwujudan dari cita rasa seni dari manusia. dimanapun berada kita pasti senang mendengarkan musik, di televisi apapun acaranya tentu akan terasa hambar kalau tidak ada musik.
Dalam banyak sekali penelitian ternyata musik memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan kita, karena musik memiliki pengaruh langsung terhadap psikologi dan jiwa kita, dimana dalam dunia kesehatan modern saat ini jiwa tidak bisa dilepaskan dari kesehatan. Berikut beberapa penjelasan manfaat musik bagi kesehatan kita.
Musik dapat membantu kita tidur
Banyak sekali penelitian yang menunjukkan ternyata sangat berguna untuk membantu kita tidur lebih cepat dan pulas, hal ini dikarenakan musik membawa otak kita ke alam bawah sadar lebih cepat. Musik mampu membuat gelombang otak menjadi lebih tenang sehingga sangat cocok untuk tidur, dengan demikian musik menghindarkan kita dari penyakit insomnia yaitu penyakit sulit tidur.
Untuk sekedar diketahui bahwa sulit tidur dapat menyebabkan depresi, yang pada nantinya akan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung. Sulit tidur juga akan mempengaruhi sel tubuh kita, karena pada kondisi tidurlah semua organ tubuh kita termasuk organ metabolisme kita mendapatkan istirahat berguna untuk perbaikan sel-sel yang rusak.
 Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa orang yang kurang tidur akan memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan merekan yang cukup tidurnya. Ingat kurang tidur lebih dapat menyebabkan kematian dibandingkan dengan kurang makan, tidak tidur 2-3 hari berturu-turut dapat menyebabkan kematian seperti pada berita kematian seorang copy writer kemarin.

Musik membuat kita bahagia
Musik dapat membuat suasana hati kita menjadi menyenangkan sehingga membuat kita menjadi gembira, dalam suatu penelitian sudah dibuktikan bahwa mendengarkan musik dapat membuat suasana hati lebih gembira dan positif dibandingan dengan mereka yang tidak mendengarkan musik. Suasana hati yang gembira akan menghindarkan kita dari depresi.
Musik membuat lebih produktif
Mendengarkan musik akan membuat kita lebih bersemangat menjalani berbagai aktivitas kita, mulai dari kerja, pekerjaan rumah, sampai berolahraga. Selain kita menjadi lebih produktif dan mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan target kita juga akan bergerak lebih aktif sehingga akan membantu kita lebih sehat, dapat membakar kalori dan lemak lebih banyak daripada biasanya.
Meningkatkan daya ingat kita
Mendengarkan musik dapat meningkatkan daya ingat atau memori kita, musik memberikan suasana yang baik bagi sel otak untuk meningkatkan daya ingat. Biasanya penurunan daya ingat dikarenakan kondisi usia yang semakin menua. Dalam banyak penelitian ternyata terapi musik dapat membantu pasien penyakit Alzheimer dan stroke, walaupun ini masih perdebatan namun saat ini sudah banyak sekali rumah sakit yang sudah menggunakan terapi Alzheimer, parkinson, dan stroke.
Sebagai tambahan kita sendiri lebih mudah bukan menghafal musik dibandingkan dengan yang lain, bahkan sampai saat ini kita masih hafal dan kenal dengan lagu-lagu semasa kita kecil atau lagu nasional yang kerap kita nyanyikan pada upacara bendera.
Musik dapat meningkatkan kecerdasan

Walaupun masih dalam perdebatan, musik dalam berbagai penelitian mampu meningkatkan kecerdasa terutama pada bayi, di negara barat musik klasik sudah dijadikan terapi ibu hamil agar mereka memiliki anak yang cerdas. Setidaknya orang jenius rata-rata juga suka musik seperti Albert Einstein.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,