Tingginya Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Kita

Teh hijau merupakan teh yang berasal dari cina sejak ribuan tahun yang lalu, teh hijau sudah menjadi minuman sehari-hari masyarakat cina dan disamping memiliki rasa yang enak teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi kandungan senyawa antioksidan ini didapatkan karena proses fermentasi pada pengolahan teh hijau.

Teh hijau sendiri meruapakan salah satu jenis teh yang dipercaya memiliki khasiat atau manfaat bagi kesehatan yang paling tinggi, karena memiliki kandungan  antioksidan polifenol. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari teh hijau bagi kesehatan kita.
Menjaga kesehatan kulit
Kandungan antioksidan berguna untuk mencegah serangan radikal bebas terhadap kulit, serangan radikal bebas dan sinar UV (sinar matahari) akan membuat kulit jadi rusak, keriput dan memiliki warna lebih kusam.
Mencegah diabetes
Teh hijau sangat berguna untuk mencegah penyakit diabetes dengan menjaga keseimbangan gula dalam darah. Menjaga kandunga insulin dan glukosa dalam tubuh , juga membantu sistem pencernaaan untuk mengubah makanan menjadi kalori dengan cepat.
Mencegah penyakit kanker
Teh hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dengan cara mencegah peroksidasi lipid disamping itu antioksidan teh hijau berguna untuk mencegah atau menangkal serangan radikal bebas dalam tubuh yang pada akhirnya berpotensi menjadi penyebab penyakit jantung.
Mencegah penyakit jantung
Kandungan antioksidan dari teh hijau berguna untuk memperlancar peredaran darah, menghindari pembekuan darah yang membuat darah tidak lancar. Menghancurkan kadar kolesterol dalam darah, membantu sitem pencernaan bekerja secara optimal, dimana membantu pertumbuhan bakteri yang baik dalam usus, sehingg kandungan nuttrisi pada makanan bisa dikonsumsi dengan baik.
Melindungai sel otak
Teh hijau terbukti mampu memperbaiki kerusakan sel-sel otak yang dapat berakibat pada penyakit parkinson dan juga penyakit dan alzheimer.  Penyakit parkinson merupakan penyakit mematikan membuat berbagai fungsi organ tubuh tidak dapat berfungsi, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian. Sampai saat ini parkinson belum bisa disembuhkan.
 Sebagai antibakteri
Antioksidan pada teh hijau memiliki sifat sebagai anti bakteri dan juga anti virus, sehingga sangat efektif untuk melindungi tubuh kita dari berbagai serangan bakter dan virus yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.
Menambah kecerdasan
Dalam beberapa penelitian terbukti bahwa teh hijau memiliki manfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak, karena merangsang hormon yang berkaitan dengan kecerdasan  otak. Teh hijau juga memiliki kandunga kafein seperti kopi, walaupun tidak banyak tapi cukup untuk menjaga agar otak tetap optimal berpikir walaupun udah malam.
Meningkatkan kulitas hidup
Teh hijau dipercaya oleh bangsa jepang dapat memperpanjang umur, hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa minum teh hijau secara rutin dapat memperpanjang umur. Disamping itu minum teh menjadikan diri kita menjadi lebih rileks dan santai, sehingga dapat melakukan segala sesuatu dengan lebih berkualitas. Bangsa jepang sendiri sampai saat ini memiliki prosesi khusus untuk minum teh hijau, karena mereka percaya dengan manfaat atai khasiat dari teh hijau.
Menurunkan berat badan
Antioksidan pada teh hijau efektif  untuk menurunkan kadar kolesterol dan menghancurkan lemak dalam darah, sehingga secara tidak langsung sangat berguna untuk menurunkan berat badan sangat cocok bagi yang sedang menjalani program diet. Teh hijau sendiri merupakan minuman yang meiliki kandungan kalori yang rendah.

Teh hijau cocok dicampur dengan es agar terasa lebih segar, walaupun memiliki kandugan nutrisi yang banyak namun minum teh terlalu sering juga tidak baik karena teh juga mengandung kafein.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,