Makanan Dan Minuman Yang Baik Dan Buruk Bagi Kesehatan Tulang Kita

Makanan merupakan faktor penting bagi kesehatan kita, makanan memiliki dampak yang besar sekali untuk kesehatan seluruh organ tubuh dan juga sebaliknya sebagian besar masalah pada organ tubuh  baik karena gangguan fungsi organ atau karena serangan penyakit tertentu lebih banyak disebabkan oleh makanan, bahkan dalam satu penelitian didapatkan bahwa makanan memiliki kontribusi 90 persen pada kesehatan kita. Jadi jangan remehkan makanan karena kondisi kesehatan merupakan cerminan pola makan kita.
Saat ini banyak sekali beredar makanan olahan di pasar, sehingga tak jarang kita mengkonsumsi yang tidak  baik bagi kesehatan. Salah satu organ yang penting bagi kita adalah tulang, tulang merupakan organ  penyangga tubuh kita. Tulang juga sama dengan organ yang lain memerlukan perawatan sehingga akan terhindar dari segala gangguan, salah satu gangguan tulang yang saat ini populer adalah osteoporosis atau dikenal dengan tulang keropos dimana kepadatan tulang jauh berkurang, dan produksi cairan kolagen berkurang. Tulang keropos dapat menyebabkan sakit tulang atau nyeri tulang , jika jatuh akan berpeluang untuk cacat lebih besar.
Tulang sama dengan organ tubuh yang lainya dimana membutuhkan nutrisi dan vitamin, untuk menjaga tulang dan membuat tulang lebih padat perlu vitamin K dan kalsium. Berikut ini adalah beberapa makanan yang sangat baik  untuk kesehatan tulang kita.

Kankung
Kangkung merupakan sayuran favorit kita saat ini, sayuran banyak tumbuh di daerah air  seperti sungai ini mengandung sejumlah nutrisi seperti magnesium, vitamin K, dan juga kalsium yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tulang. Salah satu makanan indonesia yang menggunakan kangkung adalah rujak.
Kacang
Kacang mengandung besi, magnesium, dan kalium sangat penting untuk menunjang kesehatan tulang. Membantu kepadatan tulang, dan memperbanyak kolagen pada persendian sehingga menghindari nyeri tulang.
Makanan dan minuman yang haru dihindari
Selain makanan dan minuman yang menunjang kesehatan tulang ada juga makanan yang tidak baik bagi kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi makanan seperti ini akan menyebabkan tulang cepat rapuh, berikut ini adalah makanan dan minuma yang harus dihindari.
Garam
Kita tentu tidak pernah menghindari garam, karena berbagai makanan selalu menggunakan garam sebagai penyedap. Namun tahukah anda bahwa garam ternyata sangat buruk bagi kesehatan tulang, pada satu penelitian menunjukkan bahwa wanita mengkonsumi garam setidaknya empat kali dari orang normal maka memiliki potensi 4 kali lipat untuk menderita osteoporosis. Makan makanan yang mengandung garam dengan dalam takaran normal masih mendapatkan toleransi.
Minuman soda
Saat ini banyak sekali beredar produk minuman berkarbonasi, tapi tahukah anda bahwa minuman bersoda ini sangat berbahaya bagi kesehatan tulang kita. Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang dapat membuat tulang kita keropos, selain tulang soda juga dapat mengikis email gigi.  Hal  ini sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian bahwa mengkonsumsi minuman ber soda akan meningkatkan potensi resiko tulang keropos 10 kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak.
Minuman ber soda atau karbonasi saat ini juga beredar dalam bentuk minuman berenergi, untuk itu jangan sampai terlena dengan iklan-iklan minuman berenergi, karena berbahaya bagi kesehatan tulang kita.
Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus dikonsumsi dan dihindari demi kesehatan tulang kita. Tulang yang sehat akan membuat kita selalu awet muda karena keleluasaan gerak meskipun usia sudah menua namun gerak masih tetap seperti masih muda.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,