6 Tips Minum Air Putih Agar Memiliki Manfaat Yang Optimal Bagi Kesehatan Kita

air merupakan bahan mineral yang sangat penting bagi kehidupan manusia, manusia sendiri merupakan mahluk ciptaan tuhan yang terdiri dari 70 persen lebih dari air. Sehingga air merupakan sumber kehidupan yang penting bagi banyak mahluk hidup seperti manusia.
Air sendiri bagi manusia memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, air berguna untuk menjaga keseimbangan kandungan pH atau kandungan asam dan basa bagi tubuh yang sangat berguna untuk memaksimalkan fungsi tubuh untuk menyerapa nutrisi pada makanan. Selain itu air juga berguna sebagai sumber energi bagi kita dan juga menghindar kan kita dari dehidrasi.

Air tidak hanya bisa didapatkan pada air putih, air mineral, air PDAM saja tapi juga air bisa didapatkan dari bahan makanan tertentu seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Kebutuhan kita akan air sendiri juga terbilang tinggi paling tidak 1 liter dalam satu hari. Berikut ini adalah beberpa tips untuk mendapatkan manfaat yang maksimal bagi kesehatan kita.
Minum air putih di pagi hari
Minum air putih setelah bangun tidur sangat baik bagi kesehatan karena bangun dari tidur kondisi tubuh kita bisa dibilang terkena dehidrasi karena sudah hampir 8 jam tidak minum air putih sama sekali. Disamping menghilangkan dehidrasi minum air pada waktu pagi juga sangat baik bagi organ-organ tubuh kita, karena air akan menyirami organ tubuh seperti ginja dan organ lainya di saat tidak ada makanan didalam tubuh kita sama sekali. Juga berguna untuk menetralkan keasaman tubuh kita, karena di pagi hari tubuh kita berada dalam kondisi yang lebih asam. Sehingga organ kita sedang berada dalam kondisi kurang terlalu aktif. Direkomendasik untuk minum 2-3 gelas dalam satu hari dan jeda sehabis minum air di pagi hari dengan makan pagi sebaiknya 30 menit.
Suhu terbaik air minum adalah hangat (sedang)
Suhu terbaik bagi air putih untuk diminum adalah hangat tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Minuman air yang bersuhu dingin akan membuat lambung pada perut akan kaget, karena perut memiliki kondisi hangat. Sedangkan minum air panas akan membuat peradangan pada tenggorokan dan dapat menimbulkan kanker tenggorokan dalam jangka panjang dan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
Mencegah sembelit
Anda mengalami sembelit? Solusinya gampang anda tinggal minum air hangat sebelum tidur karena air putih dapat mengobati sembelit dan melancarkan pencernaan, dan diminum sebelum tidur karena pada waktu kita tidur organ pencernaan kita sedang istirahat.
Air isi ulang
Hati-hati dengan air isi ulang galon, karena banyak sekali air isi ulang yang bersumber dari air yang tidak bersih, sehingga dapat menimbulkan mual dan muntah-muntah. Air isi ulang bermerk lebih menjamin keshehatan dan kebersihan dari air walaupun memiliki harga yang lebih mahal.
Air botol kemasan
Air mineral botol kemasan memang memiliki kualitas yang baik bagi kesehatan namun kemasan plastik memiliki bahan beracun dan dapat tercampur dengan air bila suhu panas. Solusinya usahankan untuk beli air minuman dalam kemasan yang masih di dalam lemari pendingi, atau paling tidak yang terhindar dari sinar matahari secara langsung sehingga kecil kemungkinan kandungan beracun dalam plastik botol tercampur dengan air mineral.
Minuman yang harus dihindari
Hindari kopi karena menyebabkan kita dehidrasi, hindari minuman ringan karena memiliki kandungan pemanis dan karbonasi yang tidak baik bagi kesehatan.





No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,