Manfaat minyak kelapa yang sudah teruji

Kelapa merupakan buah yang tumbuh pada didaerah tropis seperti negara kita, buah kelapa memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Buah kelapa mengandung lemak nabati yang baik tubuh, minyak kelapa didapatkan dari santan kelapa (santan). Minyak kelapa sendiri sudah digunakan oleh masyarakat kita dari jaman dulu, karena daerah kita kaya akan buah kelapa. Banyak sekali yang beranggapan bahwa minyak kelapa berbahaya bagi tubuh kita padahal anggapan tersebut tidak terbukti, sampai sekarang tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa lemak minyak kelapa berbahaya bagi kesehatan. Sebaliknya berbagai penelitian justru menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut  ini adalah beberapa manfaat minyak kelapa bagi kesehatan tubuh kita.
Anti bakteri
Minyak kelapa berguna untuk membunuh bakteri, virus, dan jamur yang berpotensi menyerang tubuh hal ini dikarenakan kandungan kandungan asam lemak dalam kelapa yang sangat tinggi dalam tubuh asam lemak dari minyak kelapa akan diproses oleh enzim tubuh menjadi monolaurin, senyawa monolaurin berguna untuk membunuh bakteri dan virus yang berpotensi menyerang tubuh. Maka tidak heran kalau obat kumur pembersih mulut menggunakan senyawa monolaurin untuk mematikan bakteri atau virus dalam mulut terutama yang dibawa oleh makanan dalam mulut. Sehingga menjaga kesehatan gigi, karena kerusakan gigi disebabkan oleh bakteri disamping itu bakteri pada makananan yang tersisa pada mulut akan membuat bau mulut dengan kata lain monolaurin juga berguna untuk menghilangkan bau mulut.
Dalam pengobatan tradisional kita minyak kelapa sering digunakan pada anak yang mengalami keracunan makanan.
Meningkatkan fungsi otak
Kandungan asam lemak pada minyak kelapa berguna untuk meningkatkan secara optimal sel-sel otak. Minyak kelapa akan meningkatkan daya serap glukosa yang digunakan sebagai energi pada aktivitas sel otak. Salah satu penyebab penurunan fungsi otak, dan pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pada otak seperti penyakit Alzheimer. Karena minyak kelapa secara tidak langsung meningkatkan energi untuk otak maka minyak kelapa juga berguna untuk meningkatkan daya memori dan kecerdasan otak.
Menurunkan berat badan
Banyak yang beranggapa bahwa minyak kelapa dapat menyebabkan kegemukan, padahal anggapan ini salah melainkan sebaliknya minyak kelapa berguna untuk menurunkan berat badan karena minyak kelapa dapat menurunkan nafsu makan, sehingga menghindarkan kebiasaan makan makanan secara berlebih. Minyak kelapa juga meningkatkan proses pembakaran lemak dalam tubuh.
Dalam suatu penelitian ternyata minyak kelapa menurunkan kandungan lemak pada perut secara signifikan, sangat baik dikombinasikan dengan olahraga untuk agar mendapatkan hasil yang lebih cepat.
Mengurangi gejala kejang
Asam lemak pada minyak kelapa sangat baik untuk meredakan gejala kejang-kejang seperti salah seperti pada penderita penyaki epilepsi. Minyak kelapa sampai saat ini sering digunakan dalam berbagai terapi atau pengobatan penyakit kejang-kejang epilepsi karena memang terbukti menurunkan gejala kejang pada penderita epilepsi.
Mencegah penyakit jantung
Walaupun minyak kelapa memiliki kandunga lemak yang tinggi, namun lemak pada minyak kelapa sangat baik bagi tubuh karena meningkatkan kadar kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol LDL jenis kolesterol jahat hal ini sudah dibuktikan dalam suatu penelitian bahkan minyak kelapa memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan minyak kedelai dalam hal meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan memperlancar peredaran darah yang pada akhirnya akan menyebakan penyakit jantung, untuk perlu diketahui bahwa penyebab nomer satu dari penyakit jantung adalah kandungan kolesterol jahat dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,