Berbagai Manfaat Penting Kecambah Bagi Kesehatan kita

Kecambah merupakan tumbuhan yang dibudidayakan berasal dari biji-bijian biasanya biji yang paling banyak dipakai adalah biji kedelai. Kecambah sendiri menjadi salah satu makanan favorit masyarakat indonesia salah satu makanan yang menggunakan kecambah adalah pecel dan rujak. Kecambah memiliki cita rasa yang segar karena memiliki kandungan air dan mineral yang banyak dan kecambah sendiri dapat digolongkan dalam golangan sayur-sayuran.
Kecambah sendiri memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat tinggi seperti vitamin C, folat dan fitoestrogen masih banyak sekali kandungan nutrisi dari kecambah yang berguna untuk menunjang kesehatan kita, berikut ini adalah beberapa manfaat dari kecambah untuk kesehatan.

Meningkatkan sistem kekebalam tubuh
Kecambah berasalah dari biji-bijian seperti kacang kedalai yang sudah memiliki kandungan protein yang sanat tinggi, nah ketika biji kacang tumbuh menjadi kecambah maka protein ini akan berubah menjadi asam amino. Asam amino sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, seperti membantu kita untuk mempercepat penyembuhan luka contoh asam amino yang dimiliki oleh kecambah adalah asam amino lisin.
Menghilangkan lemak
Kecambah memiliki kandungan serat secara substasial tinggi, serat ini berfunsi untuk menghancurkan lemak dengan cara mengikatnya untuk kemudian dikeluarkan secara langsung dari tubuh melalui kotoran selain mengurangi lemak dalam tubuh kecambah sangat berguna memeperlancar peredaran darah karena mengurangi tumpukan lemak juga kecambah sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain lemak kecambah juga efektif mengikat racun dan membuanya sebelum mencapai usus.
Kaya akan vitamin
Kacang sendiri sudah memiliki vitamin, namun ketika diubah menjadi kecambah makan kandungan vitamin dalam kecambah akan lebih tinggi secara substansial. Diantaranya adalah vitamin A, B kompleks, vitamin C, vitamin D. Dalam satu penelitian disebut kan bahwa jumlah vitamin akan meningkat secara substansial 20 kali lipat dibandingkan dengan ketika masih menjadi kacang. Dengan tingginya kandungan vitamin tentu akan banyak sekali manfaat kecambah bagi tubuh kita, mulai dari kesehatan mata, kulit, sampai dengan jantung.
Alkali tubuh
Kecambah memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, sehingga kecambah sangat bermanfaat untuk menjaga keasaman dari tubuh kita yang nantinya sangat berguna untuk menghindarkan kita dari penyaki kanker dan penyakit-penyakit ganas lainya.
Mencegah osteoporosis
Dalam kecambah terkandung senyawa fitoestrogen yang memiliki manfaat untuk menambah kepadata tulang dan juga menhidari tulang keropos (osteoporosis) terutam bagi wanita yang berusia  tahun ke atas.
Makanan anti kanker
Dalam kecambah banyak sekali terkandung senyawa anti kanker yang banyak sekali seperti canavanin dan daidzein yang berguna untuk menangkal segala jenis kanker seperti kanker pankreas, kanker darah, kanker usus, kanker pankreas. Metode yang digunakan senyawa seperti canavanin dan daidzein  adalah mencegah asupan makanan untuk sel-sel kanker sehingga kanker akan mati dengan sendirinya.
Selain di atas kecambah juga memiliki kandungan asam amino esensial yang bergunan bagi sel tubuh kita menjalankan fungsi nya dengan baik. Bahkan kecambah memiliki kandungan enzim 100 kali lebih banyak dibandingkan dengan sayuran yang lain, enzim ini berasal dari protein kecambah yang berfungsi untuk menjadi katalis semua fungsi tubuh.

Kecambah sampai saat ini menjadi makanan yang disukai oleh semua orang karena memiliki harga yang relatif murah, dan terjangkau untuk semua kalangan. Bahkan makanan rujak dan pecel pun selain dikenal sebagai makanan yang murah juga memiliki kecambah dalam komposisi makananya.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,