Mengenal Nutrisi Dan Menghindari Kesalapahaman Tentang Nutrisi

Tidak banyak yang mengetahui dengan benar tentang apa itu nutrisi yang biasanya terkandung pada makanan. Kalau boleh lebih jujur kebanyakan memahami nutrisi sebagai sesuatu yang membuat kita lebih sehat, hal ini tidak salah karena nutrisi sendiri merupakan senyawa yang terkandung pada makanan sehat yang berguna untuk menunjang kesehatan kita. Namun dalam praktek nya banyak sekali yang salah memahami nutrisi lebih dalam sehingga seringkali salah menafsirkan tentang segala sesuat yang berhubungan denga nutrisi, sebagai contok penyebab kegemukan adalah lemak dan lemak diasosiasikan sebagai segala sesuatu yang jahat, padahal tanpa lemak kita akan kekurangan energi jadi lemak itu juga berguna bagi kita.
Berikut ini beberapa hal yang bisa membuat kita lebih memahami tentang nutrisi dengan benar serta menghindari berbagai kesalahan berbagai hal yang berkaitan dengan nutrisi makanan.

Lemak adalah jahat dan tidak sehat
Banyak sekali anggapan bahwa lemak merupakan senyawa yang jahat bagi tubuh kita karena lemak diasoasikan sebagai penyebab kegemukan. Padahal lemak sangat penting untuk menyuplai energi bagi tubuh kita, karena lemak memiliki kandungan kalori yang paling tinggi dibandingkan dengan karbohdrat dan kalori. Banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa penyebab kegemukan paling tinggi adalah karbohidrat, makan nasi lebih berpotensi menyebabkan kegemukan dibandingkan dengan makan daging. Tentunya makan daging dengan takaran yang normal bukan berlebih, daging karena minin serat sedikit menghambat metabolisme saja namun hal ini bisa diatasi dengan olahraga atau melakukan aktifitas yang padat sehingga kalori dari lemak daging akan terbakar dengan baik.
Masih tidak percaya? Cobalah untuk melihat orang-orang bule, kebanyakan memiliki postur badan yang ideal bukan? Padahal daging bagi mereka merupakan makanan wajib, bahkan sering kita lihat orang-orang barat di TV sedang makan bistik atau makan sepotong daging aja. Lemak juga berguna terutama bagi orang-orang yang hidup dengan iklim lingkungan yang dingin seperti daerah bersalju karena lemak membuat tubuh mereka lebih hangat sehingga lebih tahan untuk hidup di daerah dingin.
Selain itu lemak tidak melulu terdapat pada daging saja, tapi juga terdapat pada tumbuh-tumbuhan atau sayuran seperti kelapa biasanya lebih dikenal dengan lemak nabati, lemak nabati sendiri sangat baik untuk tubuh kita.
Karbohidrat penyebab kegemukan
Karbohidrat merupakan nutrisi yang bisa membuat kita gemuk bahkan jika dibandingkan dengan daging. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa diet berjalan sukses dan mampu menurunkan berat badan secara signifikan dengan menghindari karbohidrat atau diet karbohidrat.
Kebiasaan masyarakat mengkonsumsi nasi yang mengandunga banyak sekali mengandung karbohidrat menyebabkan meningkatnya masalah obesitas. Nasi memang dijadikan sebagai sumber energi bagi masyarakat kita, namun ingat potensi obesitas lebih besar ketimbang manfaat energinya. Bahkan nasi meruapakan makanan yang dihindari oleh para atlit olahraga karena tubuh cepat kehilangan energi.
Terus bagaimana kita makan? Kita kan terbiasa makan nasi! Ya benar kita memang memiliki ketergantungan tinggi terhadap nasi, namun kita bisa mengakalinya dengan mengkonsumsu nasi merah seperti para atlit, nasi merah sendiri merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan rendah karbohidrat dan tinggi protein, para atlit sudah memanfaatkan nasi merah.
Makanan atau minuman olahan adalah makanan yang buruk
Banyak yang tidak tahu bahwa makanan minuman olaha seperti humberger dan minuman bersoda adalah termasuk makanan dan minuman yang paling buruk untuk itu di barat makanan dan minuman olahan disebut sebagai junk food atau “makanan sampah” karena kandungan nutrisi yang rendah, dan mengandung kandungan kalori yang sangat buruk. Dampak dari makanan olahan bahkan melebihi bahaya rokok.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,