Cara Mencegah Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang mematikan, dikehidupan yang serba modern sendiri membuat jumlah penderita penyakit stroke semakin meningkat dari tahun ke tahun. Stroke adalah penyakit yang disebabkan kurangnya atau terganggunya suplai darah dalam otak. Kurangnya suplai darah dalam otak membuat sel-sel saraf dalam otak menjadi rusak dan mati. Stroke sendiri disebabkan oleh banyak hal, yang paling utama adalah disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup. Tekanan darah tinggi, obesitas,rokok dll menjadi salah satu penyebab utama penyakit stroke.
Berikut ini adalah beberapa tips atau cara untuk mencegah stroke.

Turunkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi menjadi penyebab utama dari panyakit stroke, tekanan darah yang ideal adalah dibawah 120 untuk batas atas dan dibawah 80 untuk batas bawah. Tips untuk menurunkan tekanan darah adalah menjaga makanan sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang tinggi buah-buahan dan sayuran merupakan salah satu contoh makanan sehat karena kandungan antioksidan yang dimilikinya, ikan salmon sangat baik untuk menurunkan tekanan darah karena memiliki kandungan omega-2. Hindari berbagai makanan olahan yang mengandung garam dan lemak jahat karena menyebabkan akan menyebabkan kolesterol dalam darah makanan yang harus dihindari seperti burger, es krim, keju .
Menghindari diabetes dengan diet sehat, diabetes sendiri seringkali berhubungan denan stroke, kebanyakan penderita diabetes memiliki resiko yang tinggi untuk terserang penyakit stroke karenan diabetes menyebabkan penumpukan lemak di arteri hal ini akan menyebabkan stroke. Diet sehat dapat dilakukan dengan menghindari karbohidrat dan gula.
Diet sehat juga dapat menurunkan berat badan dan berat badan dapat dijadikan acuan dimana indeks berat bada BMI yang ideal adalah 25 ke bawah.
Lakukan olahraga dengan rutin paling tidak joging tiap harinya bisa pagi dan sore di sekitar rumah. Olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menghindari obesitas dan yang paling penting menghindari tekanan darah tinggi.
Hindari rokok
Hindari rokok karena sangat berbahaya menandung banyak sekali racun yang akan merusak organ dalam tubuh, rokok juga akan menghambat peredaran darah dalam tubuh sehingga rokok juga berperan penting sebagai penyebab penyakit stroke karena pada jangka waktu tertentu akan menghambat suplai darah ke otak. Karbon monkosida yang terkandung dalam rokok menghambat suplai darah ke otak. Selain itu dengan menghindari rokok maka kita bisa menghindari kanker, penyakit jantung, dan penyakit paru-paru.
 Selain rokok alkohol juga harus dihindari, hindari pula berbagai makanan olahan dan juga minuman olahan seperti minum berkarbonasi karenan mengandung banyak sekali yang sangat sulit untuk diserap dalam sistem pencernaan kita.
Tidur yang cukup
Lakukan tidur yang cukup yaitu 7 jam tiap harinya, ada studi yang menunjukkan orang yang kurang tidur memiliki potensi mengidap penyakit stroke lebih besar dibanding yang memiliki jam tidur yang cukup. Selain itu dengan tidur yang cukup kita juga dapat menghindari penyakit yang lain seperti diabetes, stres, kanker dan penyakit jantung.
Hindari stres
Hindari stres karena stres dan despresi menjadi penyebab utama dari penyakit stroke, hindari stres dengan berolahraga tiap harinya,  melakukan ibadah secara rutin guna mendekatkan diri pada tuhan yang maha esa, dan juga bersosialisasi dengan keluarga atau teman. Karena akan membuat kita bahagia dan menghindar kan kita dari stres dan depresi. Dengan demikian akan menhindarkan kita dari potensi serangan penyakit stroke.




No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,