Mengenal Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kita

Apa kopi bermanfaat bagi kesehatan? Pasti itu yang menjadi pertanyaan anda ketika membaca judul diatas. Kopi dianggap salah satu minuman yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita, kopi membuat kita susah tidur, kopi tidak baik untuk jantung kita dan lain sebagainya, itu anggapan yang selama ini ada di masyarakat itu dikarenakan kandungan kafein pada kopi. Padahal kopi sendiri memiliki banyak sekali bahkan sampai ratusan nutrisi yang baik bagi tubuh kita, untuk itu artikel kali ini kita mencoba mengenal berbagai manfaat dari minuman paling populer sedunia ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan kita.
Mencegah penyakit diabetes
Kopi bisan mencegah potensi serangan penyakit diabetes tipe 2, hal ini sudah dbuktikan dengan penelitian baru-baru ini, dimana orang yang minum kopi secara rutin paling tidak 2 gelas sehari memiliki potensi lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Peminum kopi mampu menurunkan potensi serangan penyakit diabetes tipe 2 sebanyak 11%. Kopi sendiri diketahui mengandunga antioksidan yang berguna untuk mencegah potensi serangan penyakit diabetes tipe 2 tentunya bukan diabetes tipe 1 yang berasal dari gen turunan.
Menunjang kesehatan mata
Ya benar kopi memang berguana untuk menjaga kesehatan mata, bukan karena kandungan kafein yang membuat sulit tidur loh melainkan dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi yaitu asam klorogenat yang bergunan untuk menjaga retina mata dari penurunan fungsi retina mata baik karena degenerasi retina yang biasanya disebabkan pertambahan usia dan melindungi retina dari berbagai potensi serangan terhadap retina.
Menjaga kesehatan gigi
Kandungan kafein pada kopi sangat berguna untuk melindungi gigi dari kerusakan hal ini sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian ternyata minum kopi bukanya merusak gigi melainkan menjaga kesehatan gigi, orang yang secara rutin minum kopi memiliki gigi yang cenderung lebih sehat. Kafein menangkal berbagai penyebab kerusakan gigi yang kebanyakan dari makanan dan minuman, yang biasanya mengandung bakteri berbahaya bagi gigi atau senyawa asam yang merusak gigi.
Membuat kita lebih pandai
Kandungan kafein pada kopi berguna untuk meninkatkan fungsi sel otak untuk itu kafein dikategorika sebagai zat psikoaktif suatu zat yang mempengaruhi psikologi dan aktifitas otak. Kafein yang diserapa oleh darah akan dibawa ke otak, di otak kafein berperan penting untuk meningkatkan tembakan neuron sehingga membuat otak lebih aktif. Jadi tidak salah kalau banyak orang  yang merasa hanya bisa mengerjakan suatu tugas kalau minum kopi terlebih dahulu. Kafein juga meningkatkan fungsi kognitif otak, kewaspadaan, dan meningkatkan memori.
Membakar lemak
Kopi sangat berguna untuk membakar lemak, karena kafein pada lemak meningkatkan proses metabolisme sebanyak 10 persen, pada penelitian disebutkan bahwa kopi dapat membakar lemak sebanyak 10 persen pada orang yang gemuk (penderita obesitas) sedangkan pada orang yang kurus kopi membakar lemak sebanyak 30 persen. Lemak juga merangsang sel saraf untuk menghacurkan lemak.
Meningkatkan kinerja
Dengan kopi makan kinerja kita dalam mengerjakan sesuatu akan meningkat karena kopi dapat merangsang sel saraf untuk menghasilkan hormon andrenalin sebuah hormon yang berkaitan dengan aktivitas kita. Pada sebuah penelitian didapatkan bahwa minum kopi sebelum melakukan aktivitas seperti kerja akan membuat kita semangat dan meningkatkan kinerja atau produktivitas kita sebanyak 10 persen.

Itulah berbagai macam manfaat dari kopi sehingga jangan takut untuk minum kopi, minum kopi sudah menjadi kebiasaan sebagian orang di dunia sebelum mereka memulai aktifitasnya.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,