Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Kita

Buah semangka merupakan buah yanga sangat menyegarkan sekali, banyaknya kandungan air pada buah semangka membuah semangka cocok dimakan di waktu siang hari yang panas dengan tambahan es batu buah semangka membuat kita jadi segar dan dahaga kita jadi hilang.
Buah semangka sendiri selain menyegarkan juga menunjang kesehatan kita karena memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan kita, diantarannya adalan vitamin A, B, C fosfor, kalium, besi, fosfor, protein, serat dan karbohidrat. Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada buah semangka, maka semangka memiliki berbagai macam manfaat yang berguna bagi kesehatan kita, berikut ini adalah berbagai macam manfaat semangka bagi kesehatan kita.

Mengurangi kandungan lemak dalam tubuh
Semangka memiliki kandungan citrulline yang berguna untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh dengan membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh serta menghancurkan tumpukan lemak dalam tubuh serta memperlancar sistem peredaran darah kita.
Tips menurunkan berat badan dengan buah semangka itu sangat mudah, makan buah semangka sehabis makan akan membuat kita menjadi kenyang sehingga tidak bernafsu lagi untuk makan. Ketika sedang dahaga buah semangka selalin menghinlangkan dahaga juga memberikan efek kenyang pada tubuh. Mengganti camilan snack dan tidak sehat dengan buah semangka juga membantu untuk merurunkan berat badan kita.
Menghilangkan dehidrasi
Semangka memiliki kandungan 99% air sehingga semangka berguna untuk menghilangkan dehidrasi akibat kepanasan. Dengan demikian semangka lebih baik dari pada air putih karena selain menghilangkan dehidrasi semangka juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak sekali. Bahkan ada penelitian yang menyatakn bahwa buah semangka memiliki kemampuan menghilangkan dehidrasi lebih baik daripada air.
Menurunkan tekanan darah tinggi
Semangka memiliki kandungan asam amino, magnesiun dan kalium yang bergunan untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh serta menghindari sclerosis. Seperti diketahui salah satu penyebab dari penyakit tekanan darah tinggi adalah adanya gangguan pada peredaran darah. Semangka juga mampu menjaga dan melindunga elektrolit serta menjaga pH dari tubuh  kita sehingga mampu menghindari resiko serangan penyakit tekanan darah tinggi.
Tips untuk menghindari atau mengobati penyakit darah tinggi adalah dengan meminum satu gelas jus buah semangka, tanpa menggunakan gula.
Menjaga mata
Buah semangka memiliki kandungan beta karoten yang berguna untuk menjaga dan melindungi mata, beta karoten sendiri diubah menjadi vitamin A ketika didalam tubuh, gabunga vitamin A dan likupin akan melindungi mata dari rabun, makula dll.
Mencegah dan melawan kanker
Semangka memilki kandunga antioksidan yang sangat tinggi seperti likupin yang sangat berguna untuk mencegah atau mengobati penyakit kanker. Berbagai macam penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker usus dapat dicegah dan diobati. Semangka yang mengandung antioksidan, vitamin C dan vitamin A juga sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel pada tubuh yang nantinya akan melindungi tubuh dari kanker.
Selain yang sudah disebutkan diatas kandungan antioksidan pada semangka yang tinggi juga berguna untuk mengkal berbagai macam penyakit lainya, seperti penyakit jantung, stroke, asma karena antioksidan pada semangkan melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas yang menyebabkan peradangan yang pada akhirnya akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti diatas.
Antioksidan pada semangka juga sangat berguna untuk menjaga kesehata dan kelembaban kulit, antioksidan akan menjagakulit dari serangan radikal bebas akibat sinar matahari (ultra violet) atau polusi udara yang beracun.




No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,