Mengenali Stres Dan Depresi Untuk Menunjang Kesehatan Kita

Pola hidup seringkali memperngaruhi kesehatan manusi, dengan pola hidup saat ini yang lebih modern menyebabkan timbulnya stres atau depresi yang berujung pada timbulnya berbagai penyakit. Maka jangan heran kalau kita mendapati banyak sekali orang yang sakit atau mengidap penyakit tertentu padahal orang tersebut memilki pola makan yang sehat dan juga rajin berolahraga, untuk saat ini pendekatan kesehatan moderen tidak hanya menempatkan makanan, atau olanraga ta yang berhubungan dengan fisik melainkan juga menempatkan hal-hal yang berhubungan dengan aspek psikologis sebagai salah satu faktor utama.

Dalam satu  penelitian depresi dapat menyebabkan respon langsung seperti jantung berdetak lebih cepat hormon andrenalin berubah cepat juga kontraksi otot yang berubah, pada akhirnya akan berujung pada timbulnya penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung adalah respon dan stamina yang memegang peranan penting dalam menghadapi stres.
 Dalam satu penelitian didapatkan bahwa ternyata pria memiliki stamina dan respon yang lebih baik dibandingkan dengan pria. Wanita dibandingkan dengan pria memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi sehingga lebih mungkin terserang penyakit jantung, karena cemas membuat menurunya aliran darah ke jantung, aliran jantung inilah yang akan menyebabkan penyakit jantung. Itu kenapa banyak yang bilang kalau wanita itu lebih sensitif bukan?
Kita dapat mendeteksi dengan baik petanda-petanda kita sedang stres dari akibat awal yang dideteksi
Kosentrasi
Mudah kehilangan kosentrasi juga merupakan salah satu indikator kita sedang stres, perasaan cemas merupakan perasaan negatif yang menyebabkan kita sulit sekali kosentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan kita.

Pilek
Orang yang stres akan lebih mudah mengalami serangan penyakit flu dan pilek, karena perubahan peredaran darah akibat stres akan  mengakibatkan saluran pernapasan terganggu sehingga dengan mudah akan terserang penyakit flu atau pilek.
Putus asa
Merasa tidak bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik, dan juga mudah menyerah dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Mengurung diri dari berbagai hubungan karena putus asa adalah petanda bahwa kita sedang stres.
Cemas berlebihan
Cemas yang berlebihan juga merupakan indikator dari depresi, memandang segala sesuatu sebagai hal yang buruk, memandang rekan kerja dan atasan kita dengan pandangan negatif seakan-akan mereka semua akan berbuat buruk dan merekan adalah musuh merupakan salah satu indikator kuat kita sedang mengalami stres.
Sulit tidur
Pulang dari kerja malam kemudian mandi dan langsung tidur namun sulit sekali tidur padahal sudah berjam-jam di tempat tidur, tidur paling normal adalah 30 menit di tempat tidur sudah dapat tidur dengan nyenyak di atas itu sudah tidak normal lagi. Perasaan cemas dan lelah membuat otak kita tetap terjaga dan sulit tidur, akibag dari sulit tidur dapat memperburuk kesehatan kita karena akan membuat kita semakin depresi. Jadi usahakan untuk rileks terlebih dahulu, matikan lampu, matikan tv dan gadget intinya adalah hilangkan semua gangguan yang dapat mengganggu tidur.
Merokok
Kebiasaan merokok padahal sebelumnya tidak pernah merokok atau kebiasaan merokok lebih banyak atau intensitas merokok lebih banyak untuk yang memang sudah merokok adalah salah satu indikator bahwa kita sedang mengalami stres dan depresi. Dengan demikian kesehatan kita akan semakin memburuk karena depresi membuat kita melakukan kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan penyakit jantung.
Lelah
Mudah lelah ketika mengerjakan pekerjaan, padahal beban pekerjaan terbilang ringan namun tubuh terasa mudah lelah sekali hal ini disebabkan karena stres sehingga peredaran darah dan detak jantung tidak berjalan dengan irama yang baik sehingga menyebabkan kita mudah lelah.



No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,