Tips Mudah Menghindari Berbagai Serangan Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat menyakitkan, saat ini jumlah penderita semakin banyak dari hari ke hari, hal ini tentu tidak lepas dari gaya hidup yang semakin tidak modern dari hari ke hari. Dilihat dari penyebabnya, sebenarnya kanker sangat mudah untuk dihindari dan di cegah  karena penyakit kanker sendiri timbul hanya karena dua hal yaitu pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Saat ini banyak sekali beredar makanan dan minuman yang serba instan, makanan instan termasuk makanan cepat saji sendiri saat ini sudah menjadi makanan favorit masyarakat kita. Dengan embel-embel biar di anggap sebagai orang modern banyak sekali orang-orang yang lebih memilih untuk makan makanan junk food dengan alasan gengsi dan kebersihan dibandingkan dengan makan makanan tradisional di warteg, padahal hampir sebagian makanan tradisional kita adalah makanan yang bergizi, karena kebanyakan makanan tradisional kita berupa sayur-sayuran hal ini ditunjang negara kita sebagi negara agraris yang kaya akan hasil pertanian.
Gaya hidup modern seperti kerja keras sehingga kurang istirahat, depresi tinggi, ditambah merokok dan minuman alkohol semakin meningkatkan jumlah penderita kanker. Perlunya bagi kita untuk menghindari berbagai serangan penyakit kanker, berikut ini adalah beberapa tips bagi kita untuk menhindari potensi serangan penyakit kanker.

Rajin olahraga
Ya benar olahraga, dengan olah raga kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Dengan olahraga kita dapat menurunkan berat badan dan membakar kolesterol tubuh. Banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa kandunga kolesterol jahat dalam darah dan berat bada memiliki hubungan yang erat dengan meningkatnya resiko kanker dalam tubuh. Dengan joging, jalan sehat, bersepeda, atau berenang dapat menjaga dan menunjang kesehatan berbagai organ tubuh kita seperti jantung, usus, paru, ginjal dll.  Dengan olahraga yang ringan saja kita sudah terhindari dari berbagai macam penyakit kanker. Disamping itu olahraga juga dapat membuat kita terhindari dari depresi.
Berhenti merokok
Hindarilah rokok dan berbagai produk tembakau yang lain, jika anda seorang perokok maka berusahalah untuk berhenti merokok, karena merokok mengandung banyak sekali racun kimiawi yang berbahaya. Rokok disamping dapat menyebabkan berbagai macam penyakit juga menjadi penyebab timbulnya kanker. Disinyalir meningkatnya jumlah penderita kanker di Indonesia dikarenakan juga oleh meningkatnya jumlah perokok aktif di Indonesia, bahkan saat ini tercata usia anak sekolah pun sudah mengenal rokok.
Rokok menjadi penyebab utama dari kanker paru, kerongkongan, perut, mulut. Diberbagai negara perokok sudah dibatasi, dimana perokok tidak bisa bebas sepenuhnya untuk merokok, cuman area tertentu saja dimana perokok dijinkan untuk merokok. Tentu saja hal ini menjadi siksaan berat bagi perokok, aturan semacam ini juga efektif untuk menurunkan jumlah perokok.
Hindari alkohol
Pada penelitian menunjukan bahwa konsum alkohol secara rutin akan meningkatkan resiko timbulnya penyakit kanker 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi alkohol. Kebanyakan jenis kanker yang disebabkan karena konsumsi alkohol  adalah kanker mulut, pada penelitian diketahu bahwa alkohol berpotensi menyebabkan kanker mulut sebanyak 6 kali, bahkan dibandingkan dengan merokok sekalipun.

Lakukan tes kesehatan

Tes kesehatan untuk mengetahui apakah kita mengidap kanker atau tidak sangat penting, biasanya untuk mengetahui kita mengidap kanker atau tidak dilakukan tes oleh dokter berupa tes gen darah, tes sinar X dan berbagai tes yang lainya. Mengetahui gejala penyakit kanker lebih dini sangat berguan untuk memperbesar peluang untuk sembuh, dibandingakan mengetahuinya setelah mengidap kanker stadium 2 ke atas.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,