Manfaat Yang Besar Dari Biji Bunga Matahari Yang Kecil Bentuknya Bagi Kesehatan

Bunga matahari memiliki biji yang sangat enak untuk dikonsumsi, banhkan saat ini malah sudah dijugal camilan atau snack biji bunga matahari di berbagai minimarket. Di masyarakat kita biji bunga matahari lebih dikenal dengan kuaci atau kwaci. Selain memiliki rasa yang enak kwaci atau biji bunga matahari sangat cocok untuk dijadikan makanan ringan atau camilan. Biji bunga matahari memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan, biji bunga matahari memiliki kandungan magnesium, kalium dan juga vitamin E. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang tinggi biji bunga matahari memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Kandungan vitamin E pada bunga biji matahari berguna untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas pada tubuh, kandungan magnesiu ada biji bunga matahari juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang kita. Manfaat lainya adalah menjaga kesehatan kulit kita dan masih banyak lagi khasiat biji bunga matahari.
Berikut ini beberapa manfaat atau khasiat dari biji bunga matahari bagi kesehatan kita.

Menurunkan kadar kolesterol
Biji bunga matahari berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, adalah kandungan Pitosterol pada biji bunga matahari berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) karena Pitosterol sendiri memiliki strutur yang sama dengan kolesterol namun sama sekali tidak memiliki efek berbahaya sebagaimana kolesterol. Dengan demikian Pitosterol berguna untuk menurunkan resiko penyakit kanker dan tekanan darah tinggi.
Menjaga kesehatan tulang
Biji bunga matahari mengandunga magnesium yang sangat tinggi dan sejumlah mineral kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tulang, karena menambah kepadatan mineral pada tulang. Untuk jangka panjang dapat mencegah atau menghindari penyakit osteoporosis atau penyakit tulang keropos. Selain untuk menjaga kesehatan tulang, magnesium juga berguna sebagai sumber energi, Untuk diketahui tubuh  sendiri mengandung 2/3 magnesium sebagai penyusunya. Biji bunga matahari juga mengandung vitamin E yang sangat berguna untuk menghindari penyakit rematik.
Mengatur sel saraf
Kandungan magnesium pada biji bunga matahari atau kwaci mampu mengatur jaringan saraf dengan baik sehingga otot saraf akan lebih santai tidak tegang. Sehingga akan dapat mencegah sakit kepala, migrain, mudah lelah, kram otot dan berbagai penyakit lainya yang disebabkan oleh otot yang tegang.
Kandungan selenium yang tinggi
Biji bunga matahari memiliki kandunga selenium yang sangat tinggi berguna untuk detoksifikasi dan mencegah penyakit kanker. Dalam berbagai penelitian selenium telah terbukti dapat menurunkan potensi serangan penyakit kanker, karena selenium menghambat pertumbuhan sel kanker dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Selenium juga sangat efektif melindungi kita dari kemungkinan terserang penyakit kanker karena memiliki kandungan glutation peroksidase yang sangat berguna untuk melindung sel tubuh kita dari kanker.  glutation peroksidase juga sangat berguna untuk mengeluarkan zat beracun dalam tubuh, yang berpotensi untuk merusak sel tubuh dan kemungkinan menyebabkan tumbuhnya sel kanker.
Kayak akan vitamin E

Biji bunga matahari memiliki kandunga vitamin E yang tinggi sangat berguna untuk mencegah serangan berbagai radikal bebas ke dalam tubuh. Serangan radikal bebas sendiri menyebabkan timbulnya berbagai macam serangan penyakit seperti kanker, jantung dan juga penuaan dini. Vitamin E juga efektif untuk menurunkan potensi resiko penyakit jantung, kanker dan stroke karena vitamin E terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh secara efektif. Vitamin E sangat berguna melindungi organ-organ penting tubuh dari peradangan sehingga efektif mencegah asma dan kanker usus besar.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,