Mengenal Dampak Buruk Dari Minuman Bersoda

Minuman bersoda adalah minuman yang sangat disukai oleh masyarakat kita, tercatat banyak sekali minuman bersoda yang beredar di pasar dengan berbagai merek baik dari dalam maupun dari luar negeri, minuman bersoda memiliki rasa yang khas sangat nendang dimulut karena kandungan sodanya, dan banyak sekali yang percaya bahwa minuman bersoda berguna sebagai sumber energi, dengan minum minuman bersoda maka tubuh menjadi lebih bertenaga. Benarkah ini? Atau hanya efek halusinasi dari iklan-iklan minuman bersoda yang banyak sekali tayan di televisi.
Untuk anda ketahui penelitian minuman bersoda sama sekali tidak mengandung nutrisi atau gizi yang baik bagi tubuh, jangan pernah percaya terhadap berbagai bujuk rayu iklan yang ada di televisi atau papan reklame yang adan di pinggir jalan. Sebaliknya minuman bersoda berdampak buruk bagi kesehatan kita. Beriku ini adalah beberapa akibat buruk dari minuman bersoda.
Penyebab penyakit kanker
Pada penelitian dibuktikan bahwa minuman bersoda mengandung pewarna buatan yang berpotensi menyebabkan serangan penyakit kanker. Pewarna buatan yang dimaksud adalah 2-methylimidazole dan 4-methylimidazole merupakan pewarna buatan yang sama dengan pewarna untuk komestik, penelitian ini melibatkan beberapa merek terkenal di dunia, dalam peneltian senyawa 2-methylimidazole dan 4-methylimidazole telah terbukti meyebabkan serangan penyakit kanker baik pada manusia maupun pada hewan. Di amerika sendiri sudah ada protes ke pemerintah mengenai pengguanaan dari kedua senyawa berbahaya tersebut, namun sampai saat ini belum diketahui sikap dari pemerintah amerika serikat, apalagi di Indonesia dimana peraturan yang bertujuan untuk melindungi kesehatan konsumen sangat buruk, padahal di Indonesia merek tersebut menjadi nomer satu.
Menaikan berat badan
Anda sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan? Maka jauhi minuman bersoda kalau tidak ingin gagal, minuman bersoda terbukti menaikan berat badan. Dalam satu penelitian dibuktikan bahwa mereka yang minum minuman bersoda meningkatkan berat bada secara signifikan. Hal ini dikarenakan minuman bersoda meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang mana ketika masuk ke organ hati akan di ubah menjadi lemak. Disamping itu minuman bersoda juga mengganggu proses metabolisme dalam tubuh.
Kemasan kaleng yang berbahaya
Biasanya minuman bersodan menggunakan kaleng alumunium untuk mengemas minuman bersoda agar kandungan soda didalamnya terjaga, tapi tahukan anda bahwa minuman kaleng tersebut berbahaya bagi kesehatan kita. Minuman kaleng tersebut dilapisi oleh bisphenol A (BPA) yang dimaksudkan agar soda tidak bereaksi dengan logam pada kaleng, namun senyawa bisphenol A (BPA) merupakan senyawa berbahaya yang dapat merusak hormon seperti hormon reproduksi dan juga penyebab penyakit kanker. Untuk diketahui sampai sekarang produsen minuman bersoda yang ada di Indoesia masih menggunakan bahan ini.

Menyebabkan penuaan dini
Minuman bersoda memiliki kandungan asam fosfat yang berakibat pada timbulnya berbagai masalah terhadap jantung, ginjal dan tulang kita. Pada tulang asam fosfat akan menimbulkan osteoporosis atau tulang keropos dimana kandungan kalsium akan dikikis oleh asam fosfat maka tidak heran kalau sekarang kita sering mendapati orang yang menderita osteoporosis namun usia mereka masih sangat muda, hal ini tentu saja dikarenaka pola makan yang buruk salah satunya adalah minum minuman bersoda.
Efek buruk lainya

Kandungan asam fosfat pada minuman bersoda dapat merusak gigi karena merusak email pelindung gigi, disamping itu kandungan gula yang tinggi membuat mulut kelebihan gula sehingga pada akhirnya akan merusak kesehatan gigi. Pada satu penelitian juga didapatkan bahwa minuman bersoda dapat merusak sel-sel otak sehingga menurunkan tingkat kecerdasan kita.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,