Manfaat dan Nurtrisi Alpukat Atau Apukat Untuk Kesehatan Kita

Alpukat merupakan buah yang kaya akan gizi mengandung karbohidrat dan lemak yang baik untuk kesehatan kita, hal ini membuat apukat berbeda dengan buah yang lain karena buah yang lain kebanyakan hanya mengandung lemak saja atau karbohidrat saja. Alpukat sendiri merupakan buah berasal dari daerah amerika tengah seperti meksiko. Namun di Indonesian sendiri apukat tumbuh dengan sangat baik karena apukat menyukai daerah tropis.

Alpukat memiliki kandungan gizi yang sangat banyak sekali, kandungan gizi pada alpukat adalah sebagai berikut seperti Seng, Magnesium, Mangan, Besi, Tembaga, fosfor, vitamin A, B1 (tiamin), B2  dan B3:

Vitamin K: 26% dari RDA.
Folat: 20% dari RDA.
Vitamin C: 17% dari RDA.
Kalium: 14% dari RDA.
Vitamin B5: 14% dari RDA.
Vitamin B6: 13% dari RDA.
Vitamin E: 10% dari RDA.
Dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti yang sudah digambarkan di atas makan alpukat atau apukat memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi kita, berikut ini adalah beberapa manfaat apukat bagi kesehatan kita:
Menjaga kesehatan mata
Alpukat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata kita dalam jangka panjang karena memiliki Lutein dan Zeaxanthin, banyak sekali penelitian bahwa kedua senyawa ini terbukti mampu menurunkan resiko penyakit katarak pada mata juga mampu mengurangi degenerasi funngsi mata akibat penambahan usia. Disamping itu alpukat juga mempunyai kemampuan untuk membantu tubuh menyerap antiosidan pada makanan sehingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin A pada makanan dengan baik.
Mencegah kanker
Alpukat juga sangat efektif untuk mencegah penyakit kanker, dalam suatu penelitian terbukti bahwa ekstrak alpukat dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat.
Menurunkan berat badan
Alpukat memiliki kandungan serat yang sangat tinggi namun rendah karbohidrat, sehingga alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan makan buah alpukat kita juga akan terasa cepat kenyang jadi kita akan terhindar untuk makan makanan kalori secara berlebih karena sudah kenyang. Hal ini sudah dibuktikan dalam suatu penelitian dimana orang yang makan buah alpukat akan cenderung makan makanan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang tidak makan buah alpukat dengan demikian secara tidak langsung akan membantu kita untuk diet.
Kaya serat
Dengan kandungan serat yang sangat tinggi alpukat dapat menangkal berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, penyakit jantung, dan penyakit kanker. Karenan kandungan serat secara efektif akan memecah lemah dalam tubuh sehingga menghindarkan kita dari penumpukan lemah jenuh dalam darah. Serat dalam alpukat juga secara efektif akan  memberikan asupan makanan bagi bakteri baik dalam usus kita sehingga usus kita akan bekerja secara optimal dan memperlancar metabolisme, dibandingkan dengan buah yang lain alpukat memiliki kandungan serat sebanyak 7% dari berat buahnya, hal  ini tentu jauh lebih besar dibandingkan dengan kandungan serat pada buah yang lain.
Menurunkan kolesterol
Apukat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara baik, kolesterol sendiri merupakan penyebab utama dari penyakit jantung yang sampai saat ini merupakan pembunuh nomer 1  di dunia. Selain kolesterol alpukat juga secara efektif menurunkan tekanan darah tinggi, trigliserida, dan peradangan. Dalam suatu penelitian dihasilkan data mengurangi tingkat kolesterol total secara signifikan.
Kolesterol LDL hingga 22%.
Mengurangi trigliserida darah hingga 20%.
Meningkatkan HDL ("baik") kolesterol hingga 11%.
Untuk itu alpukat juga digunakan sebagai makanan diet vegetarian karena memilki kandungan rendah lemak.






No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,