Mengenal Vitamin Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Anda kenal vitamin D bukan? karena vitamin D termasuk vitami penting bagi tubuh yang sudah diajarkan di sekolah dari jaman dulu. Vitamin D sendiri memiliki keunikan tersendiri sehingga berbeda denga vitamin yang lain, vitamin D dapat diproduksi langsung oleh tubuh tanpa mengkonsumsi makanan tertentu. Vitamin D dapat diproduksi dengan baik oleh tubuh hanya dengan memanfaatkan sinar matahari. Tentunya ini menjadi keuntungan bagi kita karena kita hidup di negara tropis yang mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap harinya, sinar matahari yang terbaik adalah pada waktu pagi sampai jam 9-10, karena sinar matahari pada jam-jam tersebut memiliki panjang gelombang yang baik bagi tubuh, sinar matahari pada jam tersebut biasa dikenal dengan sebutan tabir surya.


Vitamin D terdiri dari bermacam-macam vitamin yaitu vitamin D1, D2, D3, D4, dan D5 berguna bagi untuk menunjang kesehatan kita karena berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Kalsium dan fosfor sendiri sangat penting terutama bagi kesehatan tulang. Adalah kalsitriol bentuk aktif dari vitamin D yang berfungsi untuk membantu tubuh menyerap fosfor dan kalsium pada usus dan juga kalsium pada ginjal, sehingga dapat menghindari gangguan pada kedua organ tubuh tersebut.
Vitamin D2 sangat berguna untuk melindungi kerusakan DNS dan RNA pada tubuh yang diakibatkan oleh sinar matahari yang berlebih, vitamin D2 bisa didapatkan pada jamur.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin D sangat berguna untuk melindungi sistem kekebalan tubuh kita karena kemampuan vitamin D menyerap fungsi kalsium dan fosfor selain berguna untuk kesehatan tulang juga untuk membantu proses metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik mampu menyerap nutrisi pada makanan dan menghancurkan toksin atau racun berbahaya bagi tubuh, yang kemudian akan dibuang menjadi kotoran dalam proses buang besar.
Meningkatkan fungsi kognitif otak
Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan fungsi kognitif dari otak kita, karena vitamin D berfungsi untuk meningkatkan fungsi sel-sel otak, berguna untuk mempertajam memori otak dan menghindarkan kita dari penurunan fungsi sel otak yang dapat berakibat pada penurunan daya ingat, biasanya penurunan daya ingat disebabkan oleh pertambahan usia. Pada suatu penelitian didapatkan hasil bahwa vitamin D berguna untuk meningkatkan kecerdasan kita. Maka tidak heran kalau suplemen-suplemen yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan memiliki kandungan vitamin D.
Mencegah kanker
Pada banyak penelitian menunjukan bahwa rata-rata penderita kanker adalah mereka yang kekurangan vitamin D. Dengan memiliki kandugan vitamin D yang cukup dalam tubuh maka kecil kemungkinan kita akan terserang penyakit kanker. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D tinggi akan menhindarkan kita dari kemungkinan serangan kanker.
Menurunkan berat badan
Vitamin D berguna untuk menurunkan berat badan, karena vitamin D berguna untuk memperlancar proses metabolisme, memecah kolesterol dan menghindari penumpukan lemak dalam tubuh. Salah satu penyebab kegemukan sendiri adalah penumpukan lemak dan kolesterol secara berlebih sehingga proses metabolisme terganggu.
Pada suatu penelitian menunjukan bahwa vitamin D memiliki peranan yang sangat penting untuk kesuksesan program diet. Ditujukan dengan kesuksesan program diet lebih besar pada merekan yang memiliki kandungan vitamin D yang cukup atau mereka yang secara konsisten mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D tinggi.

Demikian sedikit informasi dari vitamin D yang bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus membeli suplemen yang mahal, namun harus diingat jam terbaik bagi sinar matahari untuk disintesis menjadi vitamin D. 

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,