Berbagai Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Wortel merupakan sumber makanan yang kaya akan antioksidan yang bernama beta-karoten, yang sangat berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit berbahaya seperti kanker. Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi wortel juga memiliki banyak sekali nutrisi, wortel memiliki kandugan vitamin A,  vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, natrium Dengan demikian wortel memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita serta melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit berbahaya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari wortel untuk kesehatan kita.
Anti kanker
Wortel memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi berguna untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas salah satu penyebab penyakit kanker. Tidak hanya itu antioksidan pada wortel juga berfungsi untuk menurunkan radikal bebas dalam tubuh yang pada akhirnya membantu mengobati penyakit kanker. Salah satu jenis kanker yang dapat ditangkal oleh wortel adalah kanker paru-paru dan kanker prostat.
Tips kita dapat mengkonsumsi jus wortel tiap pagi hari, hindari gula pada jus wortel. Wortel juga sangat enak dimakan secara langsung.
Menjaga kesehatan kulit
Wortel memiliki kandungan antioksidan dan vitamin A yang tinggi, berguna untuk mencegah berbagau serangan radikal bebas yang berasal dari berbagai polutan seperti polutan udara, atau asap rokok yang dapat membuat kulit menjadi berkerut, keriput, warna kulit yang tidak merata, noda, jerawat, bintik-bintik hitam pada kulit. Antioksidan pada wortel berguna untuk membantu proses regenerasi sel kulit sehingga kulit tetap terlihat mulus. Selain itu antioksidan juga berfungsi untuk menjaga kelembaban dari kulit sehingga kulit tidak akan kering.


Menjaga kesehatan mata
Wortel memiliki kandungan vitamin A dan vitamin B yang tinggi sangat berguna untuk melindungi kesehatan mata. Menghindari degradasi fungsi mata, melindungi mata dari dari rabun dan penyakit mata lainya.
Menunjang kesehatan sistem penceranaan
Wortel memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, serat sangat berguna untuk membantu sistem pencernaan menghasilkan enzim dan menumbuhkan bakteri baik yang berguna untuk mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan. Sehingga wortel juga sangat berguna untuk mengobati penyakit sembelit, diare serta berbagai macam gangguan pencernaan lainya.
 Mengobati leukimia
Kandungan antioksidan pada wortel efektif untuk menghambat pertumbuhan dari sel-sel leukemia, sehingga dalam jangka panjang dapat menyembuhkan penyakit leukemia. Meminum jus wortel tiap hari minimal satu gelas sangat disarankan bagi penderita leukimia.

Menjaga kesehatan gigi
Wortel memiliki kandungan antioksidan yang dapat merangsang produksi air luir, air liur pada mulut sangat efektif untuk menjaga kesehata gigi dari berbagai serangan bakteri yang mungkin menyerang gigi. Selain itu wortel juga mampu menjaga keseimbangan tingkat asam dan basa atau menjaga pH dalam rongga mulut. Dalam banyak penelitian juga disebutkan bahwa mineral wortel mampu menjaga kesehatan gigi dan gusi.
Menurunkan berat badan
Kandungan antioksidan pada wortel berfungsi untuk membantu pencernaan dan metabolisme tubuh, menghindarkan tumpukan lemak dalam tubuh dengan merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus sehingga dapat memecah lemak dengan sempurna.
Tips melakukan diet cukup dengan minum jus wortel setiap pagi dan malam menjelang tidur tanpa gula. Rutin minum jus wortel juga dapat menghindarkan kita dari makan makanan berlebih.

Mencegah stroke
Wortel memiliki kandungan antikoksidan beta-karoten yang berguna untuk melancarkan peredaran darah. Mencegah berbagai gangguan peredaran darah yang pada akhirnya akan mencegah penyakit stroke. Dalam banyak penelitian juga sudah disebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi wortel secara rutin memiliki potensi serangan penyakit stroke yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang atau tidak pernah mengkonsumsi wortel.



No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,