Cara Diet Jantung Sehat, menurunkan tekanan darah

Gaya hidup yang modern menuntut gaya hidup yang tidak sehat, dengan berbagai kesibukan kerja membuat resiko tekanan darah tinggi semakin meningkat. Tekanan darah tinggi pada waktu tertentu akan menjadi serangan penyakit jantung, sering makan makanan yang tidak sehat juga menjadi penyebab utama bagi serangan penyakit jantung. Saat ini banyak sekali orang yang gemar makan junk food atau makanan olahan instan yang mengandung banyak sekali lemak, kolesterol dan bahan-bahan pengawet, ditambah dengan bertambahnya gerai junk food seperti burger di berbagai kota membuat junk food menjadi tren tersendiri bagi berbagai kalangan.
Kelebihan berat badan akibat pola makan yang tidak sehat ini adalah petanda awal untuk meningkatnya potensi serangan penyakit jantung. Untuk itu diperlukan diet makanan yang sehat bagi jantung kita, berikut ini adalah cara atau tips diet makanan yang bisa menunjang kesehatan jantung kita.

Hindari makanan yang berbahaya
Hindari makanan yang berbahaya bagi jantung kita biasanya makanan ini adalah makanan yang mengandung lemak jenuh, kolesterol, karbohidrat dan gula. Itu artinya kita harus menghindarii daging, junk food, mie, kentang dan makanan yang memiliki bahan dasar tepung seperti gorengan dll. Dengan menghindari makanan-makanan ini dapat menurunkan tekanan darah yang itu artinya sangat baik bagi kesehatan jantung.
Mengurangi kadar garam dalam makanan juga sangat baik bagi jantung, salah satu hal yang mudah dilakukan adalah menghindari makanan olahan yang seringkali mengandunga kadar garam tinggi, memasak dengan cara mengukus juga sangat baik bagi jantung.
Konsumsi kalium, magnesium dan kalsium
Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalium, magnesium dan kalsium karena bisa meurunkan tekanan darah kita. kita bisa menemukan kalium di buah-buahan, sayuran, ikan, dan susu rendah lemak. Kita bisa mendapatkan magnesium dalam biji-bijian, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
ikan
mengkonsumsi ikan salmon sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah kita, karena ikan salmon memiliki kandungan nutrisi omega-3 yang berguna untuk menurunkan trigliserida sehingga menurunkan tekanan darah
Konsumsi buah-buahan
Buah-buahan sangat bergunan untuk menurunkan tekanan darah karena selain mengandung kalium, magnesium dan kalsium buah-buahan juga mengandung antioksidan dan folat yang sangat efektif menurunkan kandungan HDL dan tekanan darah. Contoh buah yang baik untuk jantung adalah blueberry dan jeruk (yang juga mengandung vitamin C).
Teh
Teh memiliki kandungan antioksidan polifenol yang sangat tinggi, berguna untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab utama penyakit jantung. Selain itu teh juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hindari kopi karena kafein dapat meningkatkan tekanan darah kita.
Masyarakat jepang merupakan salah satu contoh yang baik dimana minum teh adalah bagian dari kebudayaan mereka, saat ini orang jepang memiliki indeks kesehatan tertinggi sedunia.
Itulah beberapa tips cara diet yang sehat bagi jantung, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan info yang tepa mengenai tekanan darah kita, juga untuk mendapatkan saran yang ideal untuk makanan apa yang baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah kita.
Kita harus juga tahu apakah tekanan darah tinggi disebabkan oleh stres atau keadaan emosi kita semata atau karenan makanan yang kita konsumsi. Beberapa kasus tekanan darah tinggi diderita oleh orang-orang memiliki tingkat stres yang tinggi, biasanya dikarenan kerja yang terlalu keras padahal makanan yang dikonsumsi termasuk makanan yang sehat. Kalau sudah begitu harus diselaraskan hidup untuk menghindari stres.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,