Bagaimana Menjaga Kesehatan Usus Kita?

Usus merupakan salah satu organ tubuh sangat penting bagi tubuh karena usus adalah tempat utama berlangsunya proses metabolisme dalam tubuh. Pada usus berbagai makana akan dicerna  untuk diserap kandungan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Pada usus kita juga hidup berbagai bakter baik yang berguna untuk membantu penyerapan nutrisi makanan dan juga manghancurkan kolesterol maupun racun racun berbahaya yang mungkin terdapat pada makanan.

Gangguan pada usus dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker, diabetes dll. Dari banyaknya daftar penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada usus maka kesehatan dari usus adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi. Untuk di ingat bahwa 90 persen penyakit disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, maka tidak heran kalau usus yang bermasalah menyebabkan banyak sekali penyakit.
Ada banyak sekai tips untuk menunjanga kesehatan dari usus salah satunya dari makanan seperti yogurt yang sering disebut sebagai makanan probiotik. Dan juga sejumlah sayuran, disamping ada juga tips yang lainya. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca sebagai berikut ini:

Hindari pemanis buatan
Pemanis buatan sangat buruk bagi kesehatan usus karena pemanis buatan dapat meningkatkan resistens insulin pada usus, resistensi insulin sangat berbahaya karena ketidakmampuan usus untuk menyerap insulin dengan baik akan menyebabkan penyakit diabetes tipe 2 disamping itu pemanis buatan dapat meningkatkan kandungan lemak yang  menumpuk pada usus karena, pemanis buatan membuat lemak menjadi sulit di hancurkan.
Yogurt
Yogurt merupakan minuman yang berasal dari fermentasi susu, yogurt juga disebut sebagai makanan probiotik yaitu makanan yang mengandung mikroba yang sangat baik bagi tubuh kita. Mikroba pada yogurt berguna untuk membantu aktivitas mikroba baik dalam usus, sekaigus juga menekan pertumbuhan mikroba-mikroba jahat seperti bakteri E.coli. yogurt juga berguna untuk melindungi sistem kekebalan tubuh kita, seperti mencegah infeksi pada usus kita.
Mikroba pada yogurt sangat berguan untuk menrunkan potensi peradangan usus, peradanga pada usus sendiri dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Mkroba baik pada yogurt juga berguna untuk menghancurkan lemak makanan pada usus sehingga terhindar dari tekanan darah tinggi dan obesitas. Pada penelitian juga disebutkan bahwa yogurt mampu menurunkan resistensi usus terhadap insulin, dengan membantu usus untuk menyerap insulin  dengan baik maka yogurt berguna untuk menurunkan potensi serangan penyakit diabetes tipe 2, seperti yang diketahui salah satu penyebab dari diabetes karena tubuh kekurangan insulin.
Selain yogurt yang berguna untuk menunjang keseata usus kita, kefir, yogurt kedelai juga berguna untuk usus kita.
Bayi sehat
Yang ini khusus untuk ibu-ibu yang sudah memiliki bayi, hindari susu kaleng dan gunakan ASI sebagai sumber makanan untuk bayi, karena ASI merupakan prebiotik yang baik bagi kesehatan usus bayi. Jangan pernah tergoda untuk menggunakan susu kaleng karena iklan-iklan susu kaleng bertebaran di mana-mana
Hindari daging
Hindari daging? Benar sekali karena daging sangat miskin kandungan serat, daging dapat menghambat kandungan bakteri baik dalam usus, seperti diketahui bakteri baik dalam usus berguna untuk membantu usus menyerapa nutrisi makanan dan menghancurkan lemak. Anda bisa merasakan langsung dampak makan daging secara berlebih, ketikan anda makan daging yang berlebih tentu anda sedikit mengalami kesulitan untuk buang air besar, hal ini karena sulit nya daging untuk dicerna oleh usus.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,