Merawat Gigi Sehat Dengan Baik Dan Benar

Gigi sebagai alat pengunyah makanan memiliki peranan yang penting bagi kita, karena gigi merupakan organ yang kita gunakan pertama kali untuk memproses makanan yang kita konsumsi. Kita seringkali meremehkan kesehatan gigi kita baru terasa kalau gigi berlubang dan terasa sakit, aktivitas kita akan terganggu, kita pun juga tidak bisa menikmati hari-hari kita karena kita tidak bisa makan denga nikmat dan tidak bisa makan dengan normal seperti biasanya.
Yang perlu diingat gigi yang berlubang dan dicabut tidak bisa diganti lagi, karena gigi tumbuh lagi hanya pada usia anak-anak saja, jika sudah dewasa sekali gigi sudah dicabut maka selamanya akan ompong.  Kita juga sedikit tidak percaya diri kalau gigi kita sudah hilang walaupun satu atau dua, terutama kalau kita tertawa pasti ketahuan deh gigi kita yang ompong.
Merawat gigi dengan baik sangat  penting untuk menjaga kesehatan dari gigi kita, agar gigi kita tetap sehat dan utuh jumlahnya sampai usia tua. Berikut ini beberapa cara untuk merawat gigi dengan baik dan benar.

Sikat gigi
Sikat gigi harus dilakukan secara rutin tiap harinya, dengan jumlah minimal 2 kali sehari lakukan lakukan sikat gigi pada siang atau pagi setelah sarapan atau makan siang, yang kedua  adalah lakukan malam hari sebelum tidur, karena selama tidur produksi air liur kita berjumlah lebih sedikit dibandingkan dengan siang hari perlu di ketahui air ludah atau air liur sangat bergunan untuk melindungi kesehatan dari gigi kita, air liur menjaga mulut agar tidak terlalu asam. Lakukan sikat gigi paling tidak 2 menit. Kita juga bisa sikat gigi menggunankan pasta untuk malam hari, sekarang ini banyak sekali pasta gigi yang mengadung fluoride yang berguna untuk emal gigi kita.
Menyikat gigi yang benar adalah menyikat dari atas ke bawab dan dari bawah keatas (bolak balik) untu gigi bagian depan, metode ini lebih efektif untuk menghilangkan kotoran sisa makanan yang kita konsumsi. Untuk gigi bagian belakang menggunakan metode yang sama di tambah dengan sikat bagian atas dari gigi bagian belakang. Jangan lupa sikat juga lidah kita, karena lidah dapat mengandung sisa makanan yang tidak terllihat, selain itu lidah juga tempat bakteri yang biasanya mengubah sisa makanan menjadih asam. Asam akan membuat gigi berlubang atau rusak.
Gunakan benang untuk menghilangkan sisa makanan pada gigi yang tidak bisa dihilangkan denga sikat gigi. Biasanya sisa makanan yang sulit untuk dihilangkan berada diantara dua gigi atau dijepit oleh duan gigi. Benang lebih efektif dibandingkan dengan tusuk gigi.
Menggunakan mouth wash
Mouth wash banayk berguna untuk memerangi bakteri dalam mulut kita karena berkumur dengan mouth wash selain praktis kita juga menjangkau bakteri lebih banyak dibandingkan dengan menyikat gigi saja. Saat ini juga banyak sekali tersedia mouth wash yang mengandung fluoride yang baik untuk gigi kita. Melakukan mouth wash cukup dilakukan sekali saja dalam satu hari yaitu malam sebelum tidur saja.
Konsultasi atau kunjungi dokter

Konsultasi lah secara rutin ke dokter gigi paling tidak 6 bulan sekali, dengan mengunjungi dokter gigi kamu bisa mengetahui kondisi kesehatan gigi kamu, jangan sampai kamu datang ke dokter gigi kalau sudah sakit dan di cabut. Ke dokter gigi kamu juga bisa membersihkan  plak-plak yang mungkin menempel pada gigi kamu.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,