Tips Bagaimana Menjaga Agar Tulang Tetap Kuat

Seiring dengan bertambahnya usia akan sering kita jumpai orang terutama wanita menderita penyakit osteoporosis tulang keropos, bahkan menurut survey satu dari lima wanita terutama di Indonesia menderita penyakit osteoporosis. Kondisi tulang rapuh dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satu karena usia yang semakin tua, untuk wanita usia di atas 50 memiliki potensi serangan penyakit osteoporosis lebih besar, sedangkan pada pria potensi serangan penyakit osteoporosis lebih besar untuk yang berusia 55 tahun ke atas. Osteoporosisi memungkainkan seranga penyakit yang lain pada wanita seperti kanker ovarium dan juga monopouse karena hormon yang melindungi tulang lebih sedikit, osteoporosis juga bisa menyebabkan tulang mudah patah, bungkuk dll. Pengaruh osteoporosis yang paling nyata adalah berkurangya tinggi badan karena kondisi tulang yang keropos.
Senyawa mineral merupakan yang paling dibutuhkan oleh tulang mineral yang dibutuhkan adalah jenis kalsium dan fosfat. Kita bisa mendapatkan senyawa kalsium dan fosfat pada beberapa makan yang bergizi seperti susu, yogurt merupakan sumber kalsium dan fosfat dari hewani, sedangkan pada bahan makanan nabati kita bisa dapatkan pada makanan brokoli kacang-kacangan.

Tulang juga membutuhkan vitamin D yang berguna untuk membantu tulang menyerap kalsium, yang mana kalsium sendiri merupakan senyawa yang penting agar tulang kuat. Dalam satu penelitian didapatkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D 30 persen dalam darah maka kemampuan tulang untuk menyerap kalsium akan berkurang 15 persen.
Senyawa lainya yang memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan tulang adalah vitamin K, kalium, dan magnesium. Selain membantu tulang untuk menyerap sumber kalsium lebih baik juga untuk melindungi dari berbagai serangan radikal bebas dalam tubuh yang dalam jangkan waktu panjang akan mendegradasi kemampuan tulang untuk menyerap kalsium dan mengikis lapisan pelindung bagi tulang.
Protein merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tulang karena protein sangat berguna untuk memproduksi kolagen tulang sehingga tulang tetap padat dan kuat. Salah satu penyebab osteoporosis adalah kurangnya kadar kolagen dalam tulang sehingga tulang tidak padat.
Semua nutrisi yang disebutkan di atas berguna juga berguna untuk membantu regenerasi sel tulang. Sel tulang sebagaimana dengan sel tubuh yang lainya juga memiliki sifat regenerasi sel, dimana sel tua atau sel yang rusak digantikan dengan sel baru. Dengan demikian kerusakan sekecil-kecilnya seperti tulang patah, keseleo karena aktivitas sehari-hari dapat sembuh salah satunya dikarenakan sel tulang yang beregenerasi terus menerus.
Contoh yang paling baik kita bisa ketahui pada anak kecil, seperti kita ketahui pada anak usia balita proses penyembuhan dari patah tulang atau kerusakan tulang yang lainya berlangsung lebih baik dibandingka pada usia dewasa, karena pada anak kecil usia balita proses regenerasi sel tulang jauh lebih baik. Untuk jika anda yang berusia dewasa harus sedikit hati-hati dalam melakukan aktivitas salah sedikit bisa membuat tulang patah permanen tidak bisa disembuhkan.

Namun sangat perlu bagi kita untuk menjaga kesehatan tulang dengan olahraga seperti joging, jalan santai sampai angkat beban. Sangat direkomendasikan paling tidak 30 menit sehari agar tulang tetap kuat dan terhindar dari osteoporosis. Menerapkan pola makan sehat juga sangat direkomendasikan, hindari rokok, alkohol dan juga minuman ringan karena memiliki senyawa yang dapat mengikis lapisan pelindung tulang juga mengandung senyawa radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tulang, pada jangka waktu yang lama akan membuat tulang menjadi lemah

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,