Hidup Sehat Dengan Makanan Berdasarkan Yin Yang

Kehidupan yang semakin modern menyebabkan gaya hidup yang semakin tidak sehat, melahirkan pola  makan yang cenderung sama sekali tidak sehat. Dengan gempuran makanan instan yang banyak sekali beredar di masyarakat saat ini. Berbagai macam penyakit pun banyak yang bersumber dari sumber makanan yang miskin gizi dan hanya menimbulkan lemak yang tidak sehat pada tubuh, dalam jangkan pendek tentu obesitas atau kegemukan yang di dapat dari makanan yang tidak sehat tersebut. dan dalam jangka panjang kanker sampai dengan penyakit jantung merupakan penyakit yang seringkali menghantui.
Makanan yang kita makan adalah cerminan diri kita, orang yang sehat pasti memiliki pola makan dan selalu makan makanan yang sehat dan memiliki  gizi yang tinggi. Untuk perlunya kita memiliki pengetahuan tentang berbagai makanan yang meningkatkan kualitas kesehatan kita.
Salah satu metode mengenal makanan beserta kombinasi nya adalah metode yin yang, yin yang sendiri lebih pada pandangan filosofis dari masyarakat china, yang percaya substansi segala sesuatu adalah energi dan energi (chi) terdiri dari dua yaitu yin dan yang. Orang china percaya bahwa kebahagiaan di dapat kan dengan menyeimbangkan dua aliran energi ini. Metode filosofis orang china ini juga diterjemahkan ke dalam makanan,  dan akhirnya orang china bahwa kesehatan itu dapat dicapai dari memberikan keseimbangan makanan yin dan makanan yang. Dengan harmoni kesiambangan makanan yin dan yang makan kesehatan yang baik akan mudah tercapai.
Sifat yin dan yang
Dalam pandangan cina yin merepresentasikan sebagai feminin, kesejukan, kegelapan, dan dingin. Kebanyakan makanan bersimbol yin memiliki rendah kalori tapi tinggi kalium. Sedangkan “yang “di representasikan sebagai panas atau hangat, terang kebanyakan makanan “yang” memiliki kandungan kandungan kalori yang tinggi, memiliki energi yang banyak, dan kandungan natrium yang tinggi.
Nah tentunya untuk musim dingin lebih cocok mengkonsumsi makanan yang hangat atau panas bukan? Dan sebaliknya kalau cuaca sedang panas-panasnya akan lebih baik kalau mengkonsumsi makanan yang lebih dingin kan. Itu artinya kita sudah menerapkan filosofis  gabungan atau kombinasi yin yang.
Demikian pula kalau ingin menerapkan pola makan yang sehat kita harus menerapkan kombinasi yin dan yang secara bersamaan. Berikut ini adalah daftar makanan yin dan yang.
Daftar makanan yin dan yang
Semua daftar makanan ini sesuai dengan karakteristik filosofis dari yin dan yang itu sendiri
Yin
Produk kedelai beserta semua produk makanan turunanya seperti tempe atau tahu
Buah-buahan
Daging yang rendah lemak
Air putih
Sayur-sayuran
Yang
Makanan umumnya tinggi lemak, protein, kalori, dan natrium
Rempah-rempah seperti jahe dan pala
Telur, beras
Minum minuman  beralkohol
Daging yang memiliki kandungan lemak yang tinggi seperti daging ayam, daging sapi
Nah untuk mendapatkan kesehatan yang baik, masakan haru memiliki karakteristik yin dan yang tidak boleh hanya salah satunya saja.
Jalan Tengah
Metode makanan yin yang ini merupakan jalan tengah antara metode pola makan vegetarian dan pencinta daging atau lemak. Menggunakan pola makan seperti vegetarian memang sehat karena mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, namun yang perlu diketahui tubuh cenderung lemas kurang bertenaga karena kekurangan energi sebaliknya selalu mengkonsumsi makanan yang  tinggi kalori hanya akan membuat kita menumpuk lemak pada tubuh kita apalagi kalau kita kurang olahraga atau kurang gerak maka cepat atau lambat kita akan mengalami obesitas.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,