Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Kita

Kunyit merupakan tumbuhan banyak sekali tumbuh di Indonesia, kunyit termasuk dalam keluarga dari jahe. Kunyit merupakan tanaman obat-obatan yang sering masuk ke resep-resep herbal yang berguna untuk pengobatan medis. Kunyit yang juga tumbuh dengan baik di India dan berbagai negara asia yang lainya. Kunyit sendiri memiliki kandungan curcumin yang membuat pigmen kunyit berwarna kuning, senyawa curcumin adalah senyawa utama yang membuat kunyit menunjang kesehatan kita senyawa curcumin merupaka senyawa anti kanker, anti bakteri, anti virus dan berbagai macam penyakit ganas lainya.

Berikut ini adalah berbagai macam manfaat kunyit bagi kesehatan kita.

Mencegah obesitas

Kunyit sangat efektif mencegah obesitas atau kelebihan kolesterol dalam tubuh, karena senyawa curcumin efektif membantu sistem pencernaan kita dengan membantu pemecahan lemak disamping itu curcumin merangsang pertambahan produksi empedu. Obesitas sendiri merupakan penyebab awal berbagai penyakit ganas yang lain seperti penyakit jantung, kanker,dan diabetes.

Kesehatan dan kecantikan kulit

Kunyit sangat menunjang kesehatan dan kehalusan dari kulit kita karena kunyit mengandung antioksidan yang sangat berguna untuk menangkal senyawa radikal bebas yang merusak kulit. Senyawa radikal bebas dapat menyebabkan kulit menjadi keriput dan menyebabkan penuaan dini.

Karenan tingginya kandungan antioksidan yang dimiliki kunyit, kunyit juga berperan penting dalam membantu proses regenerasi kulit sehingga kulit akan terlihat tetap halus dan terlihat muda, itulah kenapa kunyit juga menjadi bahan dasar bagi industri komestik untuk membuat produk-produk kecantikan, karena kunyit juga dapat mencegah jerawat selain itu kunyit membuat peredaran darah menjadi lancar serta dan membantu Hati dalam menjalankan fungsinya sehingga membuat kulit akan terlihat awet muda.

Fungsi kunyit yang menunjang fungsi hati dan memperbaiki kesehatan hati yang rusak disebabkan oleh alkohol atau yang lain, membuat kunyit juga berfungsi sebagai detoksifikasi, yaitu mengeluarkan racun atau toksin dalam tubuh walaupun secara tidak langsung.

Menyembuhkan luka

Kunyit sangat efektif untuk menyembuhkan luka baik luka bakar maupun luka karena suatu benda tajam, kunyit mempercepat penyembuhan dari luka dengan mempercepat pergantaian jaringan kulit yang rusak akibat luka, dan kunyit dengan senyawa curcumin juga sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang diderita karena luka yang dialami.

Menghindari anemia

Anemia atau lesu darah dapat dihindari dengan mengkonsumsi kunyit, untuk diketahui satu sendok makan kunyit sudah dapat mensuplai 30 persen kebutuhan kita akan besi. Seperti diketahui kekurangan senyawa besi membuat kita menjadi lesu darah atau anemia.

Menangkal virus

Dengan kehidupan yang semakin modern membuat kualitas lingkungan semakin buruk, baik kualitas udara, air maupun tanah hal ini tentunya membuat pertumbuhan virus semakin tinggi, belum lagi ditambah dengan munculnya virus-virus baru yang tidak ada sebelumnya. Kunyit dengan kandungan antioksidan yang tinggi berperan penting untuk menunjang sistem  kekebalan tubuh kita, sehingga kita tidak mudah diserang oleh virus dan juga menangkal radikal bebas yang juga menyerang kita.

Itulah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh kita, lantas bagaimana cara mengkonsumsi kunyit? Kunyit sendiri dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara, mulai di jus atau yang diambil sari nya saja. Saat ini juga banyak sekali beredar pil yang berbahan dasar kunyit sehingga  lebih praktis mengkonsumsinya, namun perlu diperhatikan terlebih dahulu kandungan dalam pil tersebut. atau bisa dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu apakah pil yang dikonsumsi aman atau tidak agar kesehatan kita tetap terjaga.



No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,