Mengenal Tahu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Anda menyukai tahu? Sama saya juga menyukai tahu karena rasa dan teksturnya yang lembut tahu sering diangga sebagai saudaranya tempe, mangkanya di negara kita sering sebutan tahu tempe populer menjadi satu pasangan. Sama dengan tempe tahu merupakan makanan yang dibuat dari kedelai, bedanya tahu dibuat dari dadih sari kedelai, cara pembuatanya sendiri adalah dengan menggupalkan dan kemudian akan terbentuk dadih, kemudian dadih dan airnya dipisahkan, selanjutnya dadih akan detekan dengan balok kayu dengan keras dan jadilah tahu.
Tahu sendiri merupakan makanan asli dari masyarakat cina sejak jaman dulu, dan tentunya dibandingkan dengan tahu yang ada di Indonesia tahu asli cina sangat berbeda. Tahu sendiri dikategorikan makanan yang sehat karena tidak mengandung kolesterol, rendah kalori serta memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti zat besi, protein dan kalsium. Jadi sudah sewajarnya tahu memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh kita.
Berikut ini berbagai manfaat penting tahu bagi kesehatan kita.

Mencegah tekanan darah tinggi
Tahu memiliki kandungan asam omega-3 yang sangat berguna untuk mencegah penggumpalan darah, penggumpalan darah akan membuat saluran arteri menjadi tersumbat dan tersumbatnya arteri inilah yang memicu penyakit tekanan darah tinggi. Untuk anda ketahui tekanan darah tinggi menyebabkan berbagai penyakit kronis yang lianya.
Mencegah kanker
Tahu termasuk makanan anti kanker yaitu makanan yang berguna untuk menangkal penyaki kanker adalah kandungan genistein, isoflavon yang memiliki sifat antioksidan yang berperan untuk mencegah pertumbuhan dari sel kanker. Tercatat tahu mampu melindungi usus dari serangan kanker usus dan juga menangkal penyakit kanker payudara. Mau data ilmiahnya? Tahu merupakan salah satu makanan favorit dari bangsa jepang, sampai saat ini bangsa jepang tercatat paling sedikit jumlah kasus penderita kanker.
Menghambat penuaan
Tercata tahu juga berperan penting untuk menghambat penuaan dini, tahu memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit terlihat halus dan lebih kencang. Tahu juga menjaga elastisitasn dari kulit wajah, antioksidan pada tahu memiliki kemampuan untuk menangkal serangan radikal bebas seperti polusi udaran yang memiliki dampak buruk bagi kulit kita. Radikal bebas membuat kulit jadu keriput sehingga kelihatan jadi tua, banyak sekali kasus dimana orang dengan usia yang masih  muda namun terlihat tua.
Selain itu tahu juga berguna untuk melawan menopause penyakit yang biasanya diidap oleh wanita usian tua, tahu mencegah menopause dengan menyeimbangkan kadar estrogen pada tubuh.
Mencegah rambut rontok
Anda mengalami rambut rontok? Jangan khawatir karena tahu bisa dijadikan solusi, rambut rontok biasanya diakibatkan oleh kekurangan protei karetin, nah tahu berguna untuk mengembalikan kandungan protein sehingga rambut akan kembali tumbuh dan sehat. Dengan demikian anda tidak usah pusing menghilangkan kerontokan rambut dengan biaya perawatan yang maha karena rambut rontok dapat dihilangkan dengan mengkomsumsi tahu.
Menurunkan berat badan
Anda mengalami kegemukan? Tahu bisa dijadikan sebagai solusi karenan tahu memiliki kandungan rendah kalori sangat jauh dibandingkan dengan daging, susu maupun keju. Selain itu tahu juga memiliki kandungan protein yang  tidak kalah dengan daging, sehingga dengan mengkonsumsi tahu pada waktu diet tidak akan membuat anda lemas.
Menangkal serang radikal bebas

Tidak tahu apa itu radikal bebas? Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat merusak sel-sel tubuh kita, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai serangan penyakit berbahaya, radikal bebas juga membuat kulit cepat tua. Nah tahu memiliki kandungan selenium yang berguna untuk menghancurkan berbagai macam radikal bebas.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,