Berbagai Kandungan nutrisi dan manfaat telur bagi kesehatan

Anda menyukai telur? Atau anda tergolong orang yang tidak menyukai telur karena alasan tertentu, diantara alasan tersebut adalah adanya anggapan bahwa telur dapat menimbulkan penyakit tertentu, dan telur membuat badan kita jadi gemuk karena telur memiliki kandungan lemak  tinggi. Semua anggapan ini tidak benar, telur adalah salah satu bahan makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi sehingga memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan kita. Bahkan telur juga sangat direkomendasikan sebagai bahan makanan diet.

Telur sudah menjadi bagian dari budaya makan kita sehari-hari, karena rasanya yang enak dan lezat, banyak sekali makanan yang menggunakan telur sebagai salah satu bahan makanan pendamping. Telur memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, dalam satu butir telur kita akan mendapai kandungan nutrisi telur sebagai berikut: vitamin A, vitamin B5, B12, B2,  folat, fosfor, selenium, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B6, kalsium dan seng. Disamping itu telur juga memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi, omega-3 sendiri merupakan senyawa yang sangat populer akhir-akhir ini sampai-sampai kita sering mendapati produk iklan makanan atau suplemen di televisi menggunakan omega-3 sebagai tagline nya.
Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada telur, maka tentu saja telur memiliki sejumlah manfaat yang berguna bagi kesehatan kita, berikut ini adalah beberapa manfaat telur bagi kesehatan kita:

Menjaga kesehatan mata
Telur memiliki kandungan antioksidan Lutein dan Zeaxanthin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, Lutein dan Zeaxanthin berguna untuk mengurangi proses degeneratif fungsi mata, sehingga mata tetap berfungsi dengan optimal. Proses degenaratif sendiri bisa diartikan sebagai proses penurunan kualitas fungsi mata yang disebabkan oleh usia yang mulai menua, atau karena sebab lain seperti virus penyakit.
Dalam banyak studi sudah disebutkan bahwa Lutein dan Zeaxanthin secara efektif menurunkan dan mencegah makula dan katarak yang merupakan degenerasi mata.
Berguna untuk menurunkan Trigliserida
Trigliserida yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dalam jangka waktu tertentu, nah kandungan telur asam omega-3 sangat berguna untuk mengurangi kadar Trigliserida dalam darah. Banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi satu telur dalam sehari dapat menurunkan kadar Trigliserida sebanyak dalam darah 18%-30%.
Trigliserida sendiri selain menyebabkan penyakit jantung juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya yang lain seperti penyakit stroke, dan penyakit kanker.
Menurunkan berat badan
Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, dengan kandungan protein yang tinggi kita mendapatkan suply yang cukup, sehingga tidak diperlukan asupan yang lain seperti kaebohidrat, disamping itu dengan mengkonsumsi telur maka dapat merangsang keinginan untuk makan berlebih. Dengan demikian dapat dilihat bahwa telur secara tidak langsung dapat menurunkan berat bada karena menghindari konsumsi makanan berkarbohidrat dan makanan yang berlebih.
Meningkatkan kolesterol “baik”
Tidak banyak yang tahu bahwa tidak selamanya kolesterol itu jahat atau tidak baik bagi kesehatan kita. Kolesterol itu dibagi menjadi dua yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL) yang sangat baik bagi tubuh. Nah mengkonsumsi telur secara rutin dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dalam banyak penelitian disebutkan bahwa kandungan kolesterol baik (HDL) yang tinggi dapat mengurangi potensi serangan penyakit kanker dan penyakit jantung.
Meningkatkan kecerdasan

Telur mengandung nutrisi kolin yang berguna untuk memproduksi molekul-molekuk sinyal pada otak, juga memperkuat fungsi sel otak yang lain yang tentunya memilki korelasi penting dengan kecerdasan kita.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,