Manfaat tomat bagi kesehatan kita

Buah tomat merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, tomat memilki kandungan senyawa likopen yang membuat warna dari kulit tomat itu sendiri menjadi berwarna merah. Tomat juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga berguna untuk membunuh kolesterol LDL (kolesterol jahat)  dan juga trigelserida dan masih banyak lagi. Tomat juga kaya akan beta karoten, mineral, vitamin C dan juga serat. Antioksidan pada tomat mampu melindungi kerusakan fungsi organ tubuh karena oksidasi
Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang sangat banyak sekali pada tomat maka tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah tomat untuk kesehatan kita.
Melindungi dari kanker
Tomat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sangat bermanfaat untuk melindungi potensi serangan penyakit kanker. Antioksidan pada tomat terbukti mampu mencegah stres oksidatif dan peradangan dua hal ini merupakan penyebab utama dari penyakit kanker.
Salah satiu jenis kanker yang bisa dicegah oleh tomat adalah kanker prostat, tomat memiliki kandungan alpha-tomatine yang berguna untuk metabolisme dan menurunkan kemampuan sel-sel penyebab kanker untuk berkembang biak, selain itu juga efektif membuat sel kanker mati secara perlahan. Kandungan likopen pada tomat juga bermanfaat melindungi kita dari serangan kanker payudara bagi wanita.

Memperlancar peredaran darah
Peredaran darah yang lancar akan menunjang kesehatan jantung, karena penyeab utama dari penyakit jantung adalah terganggunya peredaran darah. Darah sendiri memiliki peranan penting membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Biasanya gangguan peredaran darah disebabkan oleh dua hal yaitu adanya oksidasi karena serangan radikal bebas sehingga sel-sel tubuh tidak berfungsi dengan baik dan adanya timbunan lemak dalam darah sehingga menghambat peredaran darah.
Kandungan vitamin C dan vitamin E pada tomat berperan penting sebagai antioksidan yang melindungi sel dari serangan radikal bebas, sehingga berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Tomat memiliki kandungan lisupin (Lycopene) yang berperan penting untuk mencegah peroksidasi lipid, peroksidasi lipid merupakan rusaknya lemak yang terletak pada membran sel karena oksidasi, lemak yang rusak akan menyebabkan gangguan terhadap peredaran darah.
Mengkonsumsi tomat juga akan menurunkan kadar kolesterol LDL dan juga trigliserida yang merupakan salah satu senyawa penyebab penyakit jantung. Tomat mencegah dan menghindarai gumpalan-gumpalan dalam sel-sel yang berhubungan dengan jantung yaitu sel platelet, sehingga selain menjaga kesehatan jantung juga mengoptimalkan kinerja dari jantung itu sendiri.
Melindungi kesehatan tulang
Oksidasi lisupi yang dimiliki oleh tomat ternyata dalam suatu penelitian terbukti melindungi jaringan tulang, terbukti dapat melindungi tulang terutama pada wanita postmenopause berusia diatas 50 tahun. Seperti diketahui wanita dengan usia diatas 50 tahun sangat rawan terhadap serangan penyakit osteoporosis.
Tingginya kandungan nutrisi dari tomat, membuat tomat bisa dijadikan sebagai menu wajib untuk menjalankan diet sehat karena tomat juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat obesitas. Ingat bagaimanapun juga tomat yang dibudidayakan dengan organik adalah yang terbaik karena akan menghindarkan kita dari pestisida yang merupakan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh kita dalam jangka panjang.
Meminum jus tomat tanpa menggunakan gula sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dari potensi serangan penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung dan penyakit kanker. Menggabungkan tomat dengan brokoli juga sangat berguna untuk menangkal penyakit kanker pankreas. Masih banyak sekali kegunaan tomat bagi kesehatan kita karena kandungan unik dari anti oksidanya.





No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,