4 Tips Mencegah Atau Menghindari Penyakit Kanker

Tentu anda sudah tahu dengan kanker kan? Kanker merupakan sebuah penyakit mematikan sama mematikanya dengan penyakit jantung. Berbagai pola makan dan kebiasaan hidup yang modern saat ini turut berperan dengan semakin tingginya jumlah kasus penderita kanker. Kualitas lingkungan seperti udara dan air juga dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker. Bahkan iklim yang semakin panas dikarenakan dampak pemanasan global membuat jumlah penderita kanker kulit di luar negeri meningkat, hal ini tentu saja dikarenakan sinar UV menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker.
Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena kanker sendiri termasuk penyakit berbahaya yang sulit untuk disembuhkan, saat ini memang perkembangan tekonologi yang modern memungkinkan kanker untuk disembuhkan dengan operasi maupun dengan  terapi kemo (kemoterapi). Namun untuk diketahui kedua tindakan tersebut masih belum mampu menghilangkan sepenuhnya sel-sel kanker, melainkan Cuma 80 persen. Disamping itu biaya mahal juga menjadi kendala yang tidak bisa acuhkan, biaya operasi atau kemoterapi bisa mencapai ratusan juta.
Sebuah cara yang sederhan sebenarnya bisa dilakukan untuk menghindari kanker, yaitu dengan menjaga pola makan, instirahat yang cukup dan menghindari stres. Berikut ini adalah penjelasanya.
Tidur dengan cukup
Istirahat atau tidur dimalam hari sangat penting bagi kita untuk mencegah kanker. dalam studi disebutkan bahwa kurang tidur atau tidur dengan jangka waktu kurang dari 6 jam akan  meningkatkan resiko kanker. maka tidak heran kalau kita mendapati  jumlah penderita kanker pada masyarakat jepang cukup tinggi padahal mereka sendiri menerapkan pola hidup yang sehat, dan tingkat obesitas mereka sangat keci. Hal ini tentu saja disebabkan karena kurangnya tidur, rata-rata orang jepang tidur dalam sehari paling lama 6 jam.
Hal yang penting dalam aktivitas tidur itu sendiri adalah tubuh memperbaiki jaringan saraf yang rusak dan juga kesempatan untuk memperbaiki sel tubuh kembali normal.
Mengatur pola makan sehat
Makanan memegang 90 persen lebih penyebab dari kanker. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi karena biasanay antioksidan memiliki sifat anti kanker dapat menghindarkan tubuh dari serangan kanker dengan menghambat pertumbuhan sel kanker. Antioksidan dapat dengan mudah kita dapatkan pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayuran seperti brokoli dan buah seperti stroberi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi berguna untuk mencegah kanker.
Tidak hanya jenis atau kualitas makanan saja yang harus diperhatikan, jumlah makanan yang kita makan juga memegang peranan penting, hal ini dikarenakan obesitas atau kegemukan akan meningkatkan resiko penyakit kanker dengan makan porsi makanan yang lebih sedikit maka efektif untuk menghindari obesitas. Makan seperti buah labu sangat membantu untuk menurunkan berat badan karena membuat cepat kenyang dan menurunkan nafsu makan.
Hindari stres
Dalam satu penelitian disebut tingkat stres yang tinggi berhubungan erat dengan resiko penyakit kanker. Orang yang mengidap stres memiliki potensi terkena penyakit kanker daripada mereka yang tidak stres. Stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, bahkan stres juga menjadi penyebab timbulnya tumor dalam tubuh.
Untuk menghindari sters caranya sangat sederhana, selalu berpikir apa yang membuat kita bahagia, selalu berpikir positif, hindari sikap cemas dan ketakutan yang merupakan salah satu penyebab stres.
Olahraga

Lakukan olahraga secara ruti, kalau membang tidak sempat atau terlalu berat bisa dilakukan dengan jalan kaki. Meskipun dianggap hanya untuk menggerakan otot saja jalan kaki ringan juga berguna untuk menurunkan potensi resiko serangan kanker

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,