Mengenal Serat Yang Sangat Penting Bagi Kesehatan Kita

Kita pasti sering membaca serat dari berbagi artikel tentang kesehatan termasuk pada blog ini, serat sendiri merupakan kandungan nutrisi pada berbagai sayurang dan buah-buah. Serat memiliki banyak sekali  jenis nya dan serat merupakan nutrisi yang membantu menunjang kesehatan, dari mengoptimalkan fungsi organ sampai dengan juga membantu proses dalam tubuh seperti proses metabolisme, dengan demikian serat juga membantu kita untuk menghindari berbagai macam serangan jenis penyakit.
Saat ini serat menjadi populer karena menjadi bagian dari berbagai program diet, dimana hampir semua program diet selalu menyertakan makanan yang memilki kandunga serat yang tinggi sebagai menu harian. Yan menjadi pertanyaan kenapa serat sangat penting bagi kesehatan, kenapa hampir semua makanan sehat dikatakan makanan sehat karena mengandung kandungan serat? Berikut ini beberapa penjelasan mengapa serat penting bagi kesehatan.
Serat sangat baik bagi usus
Serat dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi usus kita, hal ini dikarenakan serat membantu pertumbuhan bakteri baik yang ada di usus kita, untuk diketahui di dalam tubuh kita hidup jutaan sampai trilyunan bakteri baik yang membantu semua proses dalam tubuh. Serat dapat berguna sebagai bahan makanan bagi bakteri baik dalam usus, karena bakteri baik dalam usus juga membutuhkan makanan bagi pertumbuhanya dan untuk diubah menjadi energi.
Bakteri baik dalam usus memiliki banya sekali manfaat bagi tubuh, menunjang kesehatan tubuh. Bakteri baik dalam usus merupakan kunci untuk menghindari obesitas karena bakteri baik dalam tubuh menghancurkan kolesterol jahat (LDL) serta menghancurkan penumpukan lemak secara berlebih. Bakteri baik usus juga sangat bermanfaat untuk menyerap berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Maka tidak heran kalau makanan yang mengandung serat tinggi menjadi bahan makanan wajib dalam setiap program diet. Dengan manurunkan kolesterol dan menghancurkan lemak maka secara otomatis serat bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung, kanker dan tekanan darah tinggi.
Selain itu bakteri baik dalam usus juga berguna untuk menghindari peradangan usus serta melindungi sel-sel usus dan membantu memperbaiki sel-sel usus yang rusak.  Peradangan sendiri pada usus sangat berabahaya karena dapat menimbulkan berbagai penyakit karena terganggunya proses metabolisme tubuh.

Cepat kenyang dan mengurangi nafsu makan
Pada satu penelitian didapatkan bahwa makanan yang mengandung serat akan cepat membuat kenyang dan dapat mengurangi nafsu makan. Hal ini berarti dengan mengkonsumsi serat maka kita akan lebih banyak mengeluarkan kalori karena energi yang kita keluarkan, namun sebaliknya kita menerima atau memasukan sedikit kalori ke dalam tubuh kita karena nafsu makan yang rendah.
Secara otomatis serat bermanfaat untuk menurunkan berat badan lebih cepat, karena diet yang paling baik sampai saat ini adalah mengurangi jumlah makan kita.
Menurunkan berat badan
Sudah pasti bahwa serat memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan karena berbagai manfaat seperti yang telah disebutkan di atas. Itu kenapa makanan berserat merupakan makanan wajib untuk mensukseskan program diet.
Dalam satu penelitian juga disebutkan bahwa makan makanan berserat secara rutin akan menurunkan berat badan lebih optimal dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi makanan berserat.

Tips untuk makanan berserat, semakin tinggi tingkat kekentalan serat makan akan semakin optimal menunjang kesehatan. Semakin kental serat maka akan lebih membuat kenyang perut dan mengurangi nafsu makan. Bahan makanan yang memiliki serat kental adalah kacang-kacangan, asparagus, dan kubis.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,