Mengenal Diabetes Dan Cara Mencegahnya

Diabetes merupakan penyakit di mana penderitanya kekurangan kadar insulin dalam darah, dimana insulin merupakan merupakan hormon yang berfungsi untuk mengolah kadar gula dalam tubuh untuk menjadi energi kita. Diabetes atau dalam keseharian dinamakan dengan kencing manis disebabkan oleh ketidak mampuan kalenjar pankreas dalam tubuh untuk memproduksi hormon insulin secara normal.

Diabetes sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah diabetes yang terjadi karena tidak berfungsinya pankreas sehingga tidak bisa memproduksi insulin, diabetes tipe 1 biasanya disebabkan oleh turunan atau genetik dari penderita, penderita diabetes tipe 1 sangat sulit untuk diobati, sampai saat inipun diabetes tipe 1 tidak bisa diobati satu-satunya cara adalah dengan menyuntikan hormon insulin kepada penderita secara berkala, suntikan hormon gula ini sangat berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Diabetes tipe 2 adalah tidak berfungsinya sel-sel dalam tubuh sehingga tidak bisa menyerap hormon insulin yang dihasilkan dengan baik karenan kelainan metabolisme yang bisa disebabkan oleh salah satunya mutasi gen dalam tubuh sehingga sel menjadi resisten terhadap hormon insulin. Penyakit diabetes tipe 2 masih bisa disembuhkan dengan gaya hidup yang benar dan sehat.


Berikut ini adalah beberapa tips atau cara untuk mencegah diabetes terutaman diabetes tipe 2.

Jalan sehat

Lakukan jalan sehat tiap harinya, dan yang paling baik adalah jalan-jalan di pagi hari dimanan udara masih segar untuk kita. Lakukan jalan kaki selama 30 menit disekitar rumah kita, jalan sehat berfungsi untuk memperlancar peredaran darah kita dan juga membuat otot besar kita jadi aktif. Cara lain adalah datang ke tempat fitnes atau gym paling tidak dua kali seminggu.

Makan makanan sehat

Hindari makanan yang mengandung banyak lemak, gula, dan garam seperti daging. Makanan seperti junk food atau makanan olahan juga harus dihindari karena makanan olahan seringkali mengandung bahan-bahan kimia atau bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh terutama bagi penderita diabetes.

Untuk lebih tepatnya bisa dikonsultasikan ke dokter khusus gizi tentang jumlah protein, lemak dan karbohidrat ideal yang dibutuhkan oleh tubuh khususnya penderita diabetes. Usahakan untuk makan secara pelan-pelan idealnya mengunyah makanan adalah sebanyak 32 kali kunyahan, agar kandungan nutrisi terserap dengan baik.

Minum air

Minum air putih yang banyak, paling tidak lebih dari satu liter dalam satu hari. Minum air putih yang banyak akan sangat membantu metabolisme kita selain itu minum air putih yang banyak akan bisa mengerem keinginan kita untuk makan sehingga kita tidak akan makan makanan secara berlebih.

Hindari stres

Stres merupakan salah satu penyebab utama diabetes ingat stres dapat meningkatkan tekanan darah kita menjadi tinggi dan mempengaruhi metabolisme kita, untuk menghindari stres kita harus hidup secara berimbang baik dari sisi sosial maupun pekerjaan kita. Tips jangan bawa masalah pekerjaan di rumah, lakukan olahraga secara rutin dan sekali waktu pergilah untuk rekreasi atau berwisata untuk menghilangkan penat maupun stres karena kerja.

Turunkan berat badan

Kegemukan atau obesitas akan membuat peredaran darah kurang lancar karena membual sel pembuluh darah jadi sempit karena tumpukan lemak dan kolesterol dalam darah. Kurangi makanan berlemak, rajin olahraga, perbanyak makanan sehat, dan hindari alkohol, rokok, dan makanan yang mengandung bahan pengawet dan bahan pewarna dan istirahat yang cukup dengan tidur tepat waktu antara jam 8 sampai jam 9.



No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,