Tips Meningkatkan Metabolisme Tubuh Agar Berat Badan Ideal

Metabolisme merupakan proses penting dalam tubuh, metabolisme memecah sari makanan untuk diambil nutrisi yang berguna sebagai sumber energi untuk tubuh, dan sebagian lagi sebagai kotoran. Jadi busa dibayangkan bukan betapa pentingnya metabolisme itu. Bayangkan kalau metabolisme kita terganggu, segala macam penyakit akan datang menyerang.  Dan bayangkan seperti apa kita jadinya dalam aktivitas sehari-hari karena kekurangan energi untuk beraktifitas. Karena kita mendapatkan energi dari proses metabolismen dalam tubuh kita.
Metabolisme yang baik akan membuat kita lebih sehat dan bertenaga, proses metabolisme yang baik selain mampu menyerapa kandungan nutrisi dalam makanan juga mampu membuang racun atau toksin keluar tubuh dalam bentuk kotoran. Bayangkan kalau kita tidak memiliki proses metabolisme yang baik tentu kita akan dengan mudah terserang penyakit berbagai macam kotoran atau racun.
Metabolisme juga sering dikaitkan dengan obesitas untuk itu sering dikaitkan dengan diet melangsingkan berat badan. Tubuh yang sehat dengan berat badan yang ideal biasanya memiliki proses metabolisme yang sangat baik sekali dibandingkan dengan merekan memiliki obesitas tinggi.

Kalau kita mau memperhatikan berbagai macam suplemen obat untuk menurunkan berat bada aatau berbagai macam makanan sehat untuk diet, sebagian besar manfaatnya adalah meningkatkan proses metabolisme tubuh, yang pada akhirnya akan menurunkan berat bada. Namun tidak hanya pola makan atau jenis makanan saja yang berguna untuk meningkatkan proses metabolisme kita. Pola kebiasaan kita yang sehat juga sangat berpengaruh terhadap tinggi atau rendahnya tingkat metabolisme kita, berikut ini adalah berbagai cara atau tips untuk meningkatkan proses metabolisme kita dalam tubuh sehingga berguna untuk menurunkan tingkat obesitas kita.
Tidur yang cukup
Pada satu penelitian ternyata tidur terlalu larut dapat menyebabkn gangguan pada sisterm metabolisme kita. untuk itu sangat dianjurkan untuk tidur dengan cukup, biasakan untuk selalu tidur tepat waktu yaitu jam 9 an malam dengan lama waktu tidur yang ideal adalah 7 jam. Untuk meningkatkan metabolisme kita, usahakan untuk minum 1 gelas air putih. Air putih ini akan membantu proses metabolisme tubuh terutama ketika tidur.

Olahraga pagi hari
Olahraga adalah salah satu cara disamping makanan yang berguna untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Pada satu penelitian disebutkan bahwa olahraga di pagi hari menigkatkan metabolisme dan membakar lemak tubuh lebih tinggi dibandingkan dengan olahraga di lain waktu seperti siang dan sore. Olahraga membantu kita untuk membakar kalori dan kolesterol, tumpukan kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab terganggunya proses metabolisme kita.
Sarapan atau makan pagi
Jangan pernah untuk mencoba menghindari makan pagi atau sarapan terutama sebelum bekerja, sarapan atau makan pagi akan membantu untuk mempersiapkan pasokan energi yang berguna bagi aktivitas kita, dengan adanya pasokan energi yang siap untuk dibakar, maka kita akan mendapatkan energi yang cukup untuk bekerja, dan juga dapat menghindari tumpukan kalori dalam tubuh karena sudah habis kita bakar.
Ngemil
Banyak orang yang salah sangka bahwa ngemil itu dianggap sebagai salah satu penyebab dari kegemukan. Pada sumber makanan yang kebanyakan camilan  snack itulah yang menjadi penyebab dari obesitas, karena mengandung banyak sekali kalori dan zat berbahaya lainya sperti zat pewarna dan zat pengawet yang dapat mengganggu kesehatan kita. Tentu akan lebih baik jika bahan makanan pada camilan diganti dengan makanan yang sehat seperti buah, atau kacang tentu tidak masalah bukan?


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,