Manfaat Nutrisi Antioksidan Bagi Kesehatan Kita

Manfaat nutrisi antioksidan bagi kesehatan kita sangat tinggi sekali dan tidak diragukan sama sekali karena sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang berguna untuk melawan, mencegah zat-zat pengoksidasi. Dengan kata lain antioksidan mampu mereduksi jumlah zat pengoksidasi. Biasanya oksidasi sel
pada tubuh kita menghasilkan zat yang dinamakan zat radikal bebas dan oksidasi yang berasal dari proses kimiawi redoks dalam tubuh, sebenarnya proses redoks dalam metabolisme ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh kita.
Terbentuknya zat radikal bebas dalam tubuh akan menyebabkan berbagai kerusakan sel tubuh bahkan merusak DNA kita proses ini biasanya dikenal dengan stres oksidatif, proses seperti inilah yang dalam berbagai penelitian dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kanker.
Nutrisi antikoksidan sendiri terdiri dari berbagai macam senyawa nutrisi seperti polifenol, diterpenes, dan tanin. Antioksidan polifenol termasuk flavonoid vitamin E dan vitamin C yang tentunya memiliki banyak sekali manfaat terhadap kesehatan kita seperti menurunkan resiko kanker, mengobati jantung, tekanan darah tinggi dan mencegah penuaan dini. Kita bisa dengan mudah mendapatkan nutrisi antioksidan ini dari berbagai jenis bahan makanan seperti sayuran, buah, teh.
Berikut ini adalah berbagai manfaat antioksidan terhadap kesehatan tubuh kita.
Menjaga kesuburan
Nutrisi antioksidan seperti vitamin E diketahui dari jaman dulu sudah dianggap mampu menjaga kesehatan ibu yang sedan hamil. Pada satu penelitian dibuktikan bahwa vitamin E dan tokoferol mampu mencegah keguguran hingga 80 persen, pada penelitian tersebut dihasilkan bahwa antioksidan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan jaringa ikan dan membantu pertumbuhan dari janin.
Memperlancar peredaran darah
Nutrisi antioksidan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kita dengan meningkatkan sistem peredaran darah kita. Antikosidan berperan penting untuk memperlancar dan mengatur suplai oksige ke jantung,  mengencerkan darah dan mencegah pembekuan darah sehingga antioksidan berperan penting untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit stroke.
Mengobati jerawat
Antioksidan merupakan nutrisi yang mampu menjaga kesehatan kulit, serta menghindari berbagai macam gangguan pada kulit seperti jerawat yang merupakan salah satu gangguan kulit yang kerapkali terjadi terutama pada anak usia remaja. Jadi untuk remaja yang jerawatan tidak usah bingung dan menghabiskan uang untuk obat-obatan yang berharga mahal, cukup dengan mengkonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung antioksidan sudah bisa mengobati jerawat tersebut.
Antioksidan juga mampu untuk menyebuhkan gangguan atau peradangan kulit lainnya seperti luka bakar, nah antikoksidan mampu mempercepat penyembuhan dari luka bakar itu sendiri. Kandungan antioksidan vitamin E juga sangat bermanfaat untuk melindungai kulit dari sinar ultra violet dan kulit keriput sehingga kulit terlihat halus dan bercahaya terhindari dari penuaan dini.
Menurunkan resiko diabetes
Antioksidan bermanfaat untuk menurunkan resiko diabetes tipe dua dengan mengatur sensivitas tubuh terhadap hormon insulin. Penyakit diabetes sendiri lebih disebabkan oleh gangguan tubuh terhadap hormon insulin itu sendiri. Ingat penyakit diabetes yang dimaksud adalah diabetes tipe dua bukan tipe satu yang sulit untuk disembuhkan dan biasanya disebabkan oleh gen atau keturunan, dimana penderita memiliki riwaya keluarga yang menderita penyakit diabetes tipe satu juga.
Mengurangi resiko kanker
Manfaat antioksidan yang sangat populer adalah menurunkan resiko kanker, kanker sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dan kolesterol jahat. Antioksidan berfungsi untuk mencegah dan menghambat pembentukan radikal bebas serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,