7 manfaat telur bagi kesehatan kita

Telur merupakan salah satu jenis makanan hewani yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Telur memiliki berbagai nutrisi yang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Telur sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti omega-3 yang sangat tinggi. Telur memiliki dua bagian yaitu kuning telur dan putih telur.
Bagian kuning telur memiliki kandungan kolesterol tinggi namun demikian sangat baik untuk tubuh karena manaikan kadan kolesterol baik dalam tubuh kita sedangkan bagian yang lainya adalah putih telur sangat bermanfaat karena memiliki kandungan protein dan mampu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. yang paling disarankan tentu adalah putih telur karena rendah kolesterol dibandingkan kuning telor yang juga dapat meningkatkan kadar koleserol jahat pada tubuh anda.
Berikut ini adalah berbagai macam manfaat telur bagi kesehatan kita
Meningkatkan kosentrasi pikiran
Telur memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kita salah satunya adalah meningkatkan kosentrasi otak. Untuk itu telur sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Telur sangat membantu pertumbuhan anak karena memberikan energi yang cukup bagi sang  anak untuk menjalankan aktivitas nya juga sangat baik untuk menunjang mental sanga anak.
Menjaga berat badan
Bagian putih telur dari telur sangat berguna untuk menjaga berat badan kita karena memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Putih telur juga memiliki kandungan protein dan asam amino esensial yang sangat tinggi sehingga sangat penting untuk kesehatan kita seperti meningkatkan kekebalan tubuh dan menunjang energi kita.
Membantu perkembangan otak
Telur memiliki kandungan nutrisi yang disebut zat koli, koli pada telur sangat berguna untuk menjaga kesehatan dari sel otak dan mengoptimalkan fungsi dari sel otak kita. Untuk diketahui zat kolin ini sangat penting sekali karena tidak diproduksi oleh tubuh kita dan hanya bisa diperoleh dari makanan tertentu seperti telur salah satunya.
Menjaga kesehatan mata kita
Telur memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan kita salah satunya adalah kesehatan mata kita. Telur diketahui memiliki kandungan nutrisi antioksidan zeaxanthin dan antioksidan. Kandungan antioksidan dan zeaxanthin pada telur sangat membantu untuk menjaga kesehatan mata kita serta melindungi berbagai macam gangguan kesehatan terhadap mata kita. Telur mampu mengurangi resiko penyakit katarak dan makula yang kalau tidak segera diobati dapat menimbulkan kebutaan permanen pada mata. Untuk itu telur sangat baik terutama bagi mereka yang memiliki usia lanjut diatas 50 tahun, karena pada usia segitu biasaya sel mata mengalami penurunan fungsi sehingga dapat menyebabkan gangguan mata.
Mencegah stroke dan penyakit jantung
Telur memiliki manfaat berupa antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah yang bisa berakibat pada pembekuan darah. Pembekuan darah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti stroke dan penyakit jantung, karena pembekuan darah dapat berarti gangguan aliran darah dalam tubuh sehingga distribusi oksigen dalam tubuh.
Menunjang kehamilan
Telur mampu menunjang kehamilan karena memiliki kandungan kolin di dalamnya. Kandungan nutrisi kolin sendiri sangat penting terutama bagi kesehatan calon bayi, kolin mampu membantu pertumbuhan dari otak sang bayi dan mencegah kemungkian cacat pada sang bayi.
Menjaga kesehatan tulang
Telur memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang kita. Kuning telur mengandung vitamin A, D, dan E, vitamin D pada telur berperan penting untuk menunjang kesehatan tulang kita membuat tulang menjadi lebih pada sehingga dapat menghindari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Salain itu kandungan vitamin D pada telur juga sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,