Kandungan Nutrisi Pada Jahe Serta Manfaatnya Terhadap Kesehatan

Kandungan nutrisi pada jahe dan manfaatnya bagi kesehatan sangat besar sekali, jahe seperti diketahui merupakan salah satu bahan makanan herbal yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan untuk itu jahe selalu menjadi salah satu bahan pengobatan yang sudah dipercaya dari jaman dulu. Jahe sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia pengobatan dari jaman dulu, selain itu jahe merupakan salah satu bahan rempah yang banyak sekali dikonsumsi oleh masyarakat. Jahe banyak digunakan sebagai bumbu penyedap dalam setiap masakan, jahe sendiri merupakan salah satu bahan minuman favorit masyarakat. Rasanya yang sedikit pedas dan panas membuat jahe mampu untuk menghangatkan badan.
Jahe memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan nutrisi sehingga mampu menunjang kesehatan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Penyakit yang mampu dihindari dengan mengkonsumsi jahe adalah asma, kanker, gangguan mata dan saraf, gangguan pencernaan dan metabolisme, dan lain-lain. jahe sendiri dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya juga mampu meningkatkan sistem kekebalah tubuh kita sehingga mampu mencegah berbagai macam serangan penyakit yang berasal dari luar, jahe juga diketahui merupakan salah satu makanan yang memiliki sifat anti bakteri jadi mampu membunuh berbagai macam bakteri yang berbahaya bagi tubuh.
Kandungan nutrisi jahe serta manfaatnya bagi kesehatan dapat dilihat dari penjelasan berikut ini.
Beta-sitosteol
Beta-sitosteol merupakan salah satu nutrisi antioksidan dari jahe yang sangat berguna untuk menangkal dan mencegah penyakit jantung. Kemampuan nutrisi Beta-sitosteol untuk mencegah penyakit jantung ini tidak terlepas dari kemampuanya untuk menurunkan kadaar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga pada akhirnya akan menurunkan resiko penyakit jantung. Seperti diketahui sendiri penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena dapat berujung dengan kematian.
capsaicin
nutrisi pada jahe yang sangat berguna bagi kesehatan lainya adalah capsaicin. Capsaicin memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan seperti memperlancar peredaran darah dengan cara mengencerkan darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, dan menurunkan kadar kolesterol. Pada satu penelitian juga diketahui bahwan kandungan capsaicin pada jahe berperan penting untuk membantu sistem pencernaan kita dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita serta mencegah berbagai masalah pencernaan lainya seperti kembung dan mual.
asam klorogenat
nutrisi pada jahe ini sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan kita karena memiliki sifat anti bakteri. Mampu membunuh berbagai macam bakteri yang berbahaya terhadap kesehatan tubuh kita. Asam klorogenat juga sangat efektif untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan penyakit diabetes tipe dua.
citral
citral merupakan nutrisi jahe yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan menghancurkan berbagai tumpukan lemak dan kolesterol sehingga citral sangat berguna untuk menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi.
curcumin
curcumin merupakan salah satu nutrisi jahe yang sangat populer, curcumin sangat berguna untuk melindungi tubuh dari serangan sel kanker dengan cara menghambat pertumbuhan dan pembelaha dari sel kanker. Curcumin selain berguna untuk menurunkan resiko kanker juga sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung.
Curcumin juga sangat populer sebagai salah satu bahan nutrisi untuk kecerdasan otak, karena curcumin mampu mencegah endapat protein dalam otak yang pada rentang waktu tertentu dapat meyebabkan gangguan pada otak. Sehinggan curcumin membantu sel otak untuk menjalankan fungsinya dengan optimal.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,