Mengenal Berbagai Bahaya Dari Minuman Bersoda

Bahaya minuman bersoda terhadap kesehatan banyak sekali, seperti dikatahui minuman bersoda menajdi primadona tersendiri di negeri kita karena kita hampir tiap hari kita selalu disuguhi dengan berbagai macam minuman instan atau minuman energi yang menggunakan soda sebagai bahan utamanya sehingga tak pelak kita juga akan mendapati banyak warung yang menjual minuman instan denga soda menjadi laris manis. Minuma kaleng atau botol dengan merek kenamaan pun menggunakan soda sebagai bahanya.
Tahu soda? Bagi anda yang sering meminum minuman bersoda tentu akan segera tahu, karena soda memberikan efek pada minuman sehingga minuman akan menjadi lebih nendang rasanya. Maka minum soda seolah-olah dapat memberikan kita tenaga dan membersihkan tubuh kita dari kotoran, tentu saja hal ini tidak benar, karena sama sekali tidak ada hubunganya soda dengan energi kita.
Bahaya dari minuman soda dapat dijabarkan sebagai berikut diharapkan anda tidak lagi terbua dengan berbagai macam iklan pada televisi.

Dapat merusak tulang
Kandungan soda pada minuman secara efektif akan merusak kandungan kalsium pada tulang dan gigi. Sehingga minum minuman bersoda dapat meningkatkan resiko tulang keropos atau osteoporosis, soda juga mengurangi kepadatan tulang yang pada akhirnya akan membuat tuang mudah nyeri hal ini dikarenakan berkurangnya kandungan kolagen pada persendian tulang. Tidak heran kalau mengkonsumsi tulang secara rutin akan membuat persendian mudah nyeri.
Merusak gigi
Selain tulang minuman bersoda juga dapat menghancurkan email pelindung gigi, minum minuman bersoda meningkatkan resiko gigi keropos dan berlubang. Minuman bersoda mengandung asam yang sangat tinggi kandungan asam yang tinggi ini lah yang turut serta untuk merusak gigi dan menyebabkan gigi menjadi berlubang dan pada akhirnya dapat menyebabkan gigi ompong karena di cabut.
Meningkatkan kegemukan
Bahaya minuman bersoda yang lainya adalah dapat meningkatkan resiko obesitas karena soda biasanya mengandung pemanis buatan yang sangat sulit untuk diurai oleh proses metabolisme kita. Pada satu penelitian ternyata minuman bersoda membuat kemampuan usus untuk memecah kandungan lemak dan kolesterol yang menumpuk jadi berkurang, sehingga dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, jantung dan obesitas.
Bahkan pada satu penelitian disebutka bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan potensi resiko serangan penyakit jantung sebanyak 60%.
Itulah beberapa dampak buruk minuman bersoda bagi kesehatan kita, selain yang sudah disebutkan di atas masih banya sekali resiko bahaya minu minuman bersoda pada kesehatan kita seperti meningkatkan serangan penyakit jantung, kanker, hati, hipertensi, dan diabetes. Pada akhirnya kita harus menghindari minuman bersoda dan berusaha untuk tidak terbuai dengan berbagai bujuk rayu iklan minuman bersoda yang ada di televisi.
Jika kita memang sudah terlanjur sering mengkonsumsi minuma bersoda kita harus menghentikannya saat ini juga. Dan segera menggantinya dengan minuman yang sehat bagi tubuh. seperti minum air putih yang sangat baik untuk menentralisie segala macan racun dalam tubuh kita.

Mengkonsumsi susu dan produk turunanya seperti yogurt juga sangat baik untuk mengembalikan kalsium yang hilang akibat minum minuman bersodan. Dengan minum susu maka kita juga dapat mengembalikan kekuatan dari tulang sehingga menjadi normal seperti sediakala, karena dengan minum susu kita mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Perbanyaklah makan serat untuk menunjang proses metabolisme kita yang terganggu akibat terlalu banyak minum minuman bersoda, karena serat dapat mengembalikan usus berfungsi seperti sediakala.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,