5 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Manfaat madu bagi kesehatan sudah dikenal oleh orang jaman dulu, orang jaman dulu sudah memasukan madu sebagai salah satu bahan obat-obatan. Dengan perkembangan jaman yang semakin moderen ternyata juga membuktikan bahwa madu memang sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit jadi dibalik rasanya yang manis ternyata tersimpan berbagai manfaat madu yang sangat besar bagi kesehatan.
Manfaat madu untuk menunjang kesehatan kita tercermin dari begitu banyaknya kandungan nutrisi dan gizi pada madu. Madu mengandung banyak sekali vitamin, asam amino, mineral, dan karbohidrat. Untuk mendapatkan madu dengan kualitas terbaik adalah dengan mengkonsumsinya atau meminum nya secara mentah-mentah dan jangan sekali-kali untuk memasak madu karena hal tersebut akan merusak kualitas nutrisi dari madu itu sendiri. Lagian buat apa memasak madu, toh madu sudah memiliki rasa yang sangat manis, dari sini madu sangat cocok sebagai pengganti dari gula terutama buat mereka yang sedang menjalankan proram diet sehat namun tetap ingin merasakan manisnya gula, karena gula sendiri sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.
Berbagai manfaat madu bagi kesehatan kita dapat dilihat sebagai berikut ini.

Mencegah obesitas
Madu sangat bermanfaat untuk mencegah atau menangkal kegemukan karena disamping sebagai pengganti gula, madu juga sangat efektif untuk menghancurkan kolesterol jahat dalam tubuh. Pada satu penelitian meminum satu gelas air yang sudah dicampur dengan 1 sendok teh madu ditambah dengan  tetes cuka apel ternyata dapat mengurangi kegemukan dengan cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak.
Kemampuan madu untuk menghancurkan kolesterol jahat secara tidak langsung juga akan menurunkan tekanan darah tinggi sehingga mengurangi resiko penyakit berbahaya lainya seperti penyakit jantung.
Menyembuhkan luka
Madu sejak jaman dulu sudah dipercaya mampu menyembuhkan luka-luka pada kulit entah akibat goresan benda tajam atau luka bakar. Dengan meneteskan madu pada kain kasa atau kain pembalut sudah cukup ampuh untuk mempercepat penyembuhan dari kulit. dengan catatan kain harus selalu diganti tiap malamnya supaya tetap seteril dan cepat penyembuhanya.
Membuat pikiran tenang
Pada satu penelitian minum jus buah yang sudah dicampur dengan satu sendok teh madu ternyata memberikan pikiran tenang pada peminumnya. Hal ini tentu membuat madu sebagai alternatif sehat pengganti dari kopi, seperti diketahui minum kopi pada pagi hari memberikan ketenangan dan semangat untuk bekerja namun jika lebih dari satu atau dua kali tentu kurang baik bagi kesehatan.
Membantu berhenti merokok
Anda adalah perokok? Anda ingin menghentikan kebiasaan merokok? Madu mungkin merupakan salah satu solusi alami yang sangat baik untuk menghilangkan keinginan untuk merokok. Pada satu penelitian mengunyah beberapa potong nanas ditambah dengan 1 sendok teh madu ternyata efektif menurunkan keinginan perokok untuk merokok. dan ketika merokok pun terasa sangat tidak enak, jadi sangat efektif bukan untuk menghilangkan kebiasaan merokok.
Menyembuhkan flu
Manfaat madu bagi kesehatan lainya adalah mampu menyembuhkan penyakit flu, hal ini sudah dipraktekan oleh orang-orang jama dulu sehingga kemampuanya dalam menyembuhkan penyakit flu sudah tidak perlu diragukan lagi. Caranya adalah cukup dengan mencampurkan satu gelas air hangat dengan satu sendok makan madu dicampur dengan ¼ kayu manis dan diminum rutin 3 kali sehari maka dijamin flu anda akan segera hilang dan anda akan sembuh.
Masih banyak lagi manfaat madu bagi kesehatan seperti menyembuhkan penyakit asma, bisul, sinus dan gangguan pencernaan.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,