Menjaga Kesehatan Gigi Dengan Makanan Berikut

Menjaga kesehatan gigi sangat penting karena dengan gigi kita dapat menikmati makanan yang kita. Untuk itu menjaga gigi adalah suatu keharusan bagi kita, dengan menjaga gigi maka kita akan terhindar dari penyakit gigi berlubang yang pada akhir nya akan  membuat kita ompong kalau sudah begitu makan tentu tidak akan terasa nikmat lagi. Banyak sekali cara untuk menjaga gigi agar gigi kita tetap sehat dan kuat, mulai dari melakukan perawatan secara teratur dengan menyikat gigi di pagi hari dan malam sebelum tidur. Selain sikat gigi menggunakan pasta gigi, saat ini kita juga bisa membersihkan gigi hanya dengan berkumur saja menggunakan cairan kumur pembersih gigi.

Bahan makanan menjaga kesehatan gigi adalah makanan yang telah disediakan oleh alam untuk menjaga kesehatan gigi kita, namun kebanyakan dari kita tidak menyadarinya. Karena selama ini kita menganggap semua makanan akan berbahaya bagi gigi jika meninggalkan sisa pada gigi yang pada akhirnya akan membusuk dan akan merusak gigi. Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi kita.

Kacang-kacangan
Manfaat kacang menjaga kesehatan gigi diperoleh dari banyaknya kandungan nutrisi yang dikandung. Kacang mengandung banyak sekali kandungan nutrisi seperti magnesium, kalium, seng dan juga kalsium. Kandungan kalsium pada kacang memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan gigi kita, karena kalsium merupakan senyawa penting untuk membentuk gigi menjadi kuat. Kacang seperti almond dapat dijadikan menjadi bahan camilan yang sehat sembari menonton tv, karena menyuplai nutrisi kalsium yang cukup bagi gigi. Selain kacang biji-bijian juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi sangat baik untuk menjaga gigi agar tetap kuat, biji-bijian yang bermanfaat adalah seperti biji wijen.
Teh hijau
Teh hijau sangat berguna untuk menjaga kesehatan gigi karena teh hijau mengandung senyawa catechin yang berguna untuk menangkal peradangan pada gigi dan mencegah infeksi bakteri terhadap gigi. Pada suatu penelitian disebutkan bahwa minum teh hijau dengan secara rutin ternyata mengurangi kemungkinan gigi ompong pada kemudian hari, hal ini tentu saja sangat dimungkinkan karena kandungan senyawa catechin pada teh hijau merupakan senyawa yang memiliki sifat anti bakteri, sangat ampuh untuk membunuh semua bakteri jahat pada mulut yang biasanya disebabkan oleh sisa-sisa makanan. Jadi dalam hal  ini teh hijau tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi saja namun juga gusi, lidah dan mulut kita.
Bawang putih
Manfaat bawang putih untuk kesehatan terutama gigi kita sangat besar sekali, bawang memiliki kandungan anti bakteri yang sangat tinggi. Kandungan sulfur antibakteri inilah yang ampuh untuk membunuh berbagai bakteri berbahaya terhadap mulut. Untuk mendapatkan nutrisi antibakteri pada bawang secara optimal paling baik adalah dengan memakannya secara mentah, namun kalau memang tidak bisa (karena tidak semua orang maun makan bawang dengan kondisi yang masih mentah) bisa dimasak terlebih dahulu dengan direbus atau dikukus. Yang penting jangan sampai digoreng karena jumlah kandungan nutrisi pada bawang akan turun secara drastis.
Stroberi
Stroberi memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan gigi kita, terutama kesehatan gusi. Pada satu penelitian disebutkan bahwa makan buah stroberi secara rutin dapat meurunkan resiko penyakit periodental secara signifikan. Hal ini dikarenaka vitamin C mencegah penggumpalan kolagen pada mulut. Buah lain yang juga tidak kalan dengan stroberi dalam melindungi adalah kiwi.



No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,