Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Manfaat kayu manis bagi kesehatan sangat tinggi sekali untuk itu kayu mani sudah dijadikan sebagai bahan obat-obatan sejak jaman dulu. Kayu manis sendiri merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang berasal dari asia tenggara seperti indonesia. Jadi kayu manis sendiri merupakan salah satu makanan rempah asli negara indonesia. Kayu manis selain dijadikan sebagai bahan obat-obatan juga digunakan sebagai bahan aromatik atau bau bauan karena baunya sendiri yang wangi.

Kayu manis sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi seperti besi, mangan, serat manga dan kalsium sehingga kayu manis sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan menunjang metabolisme. Kayu manis sendiri sejak dari jaman dulu sudah dipercaya untuk mencegah penyakit diabetes, gangguan pencernaan, perut mual, menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker.
Banyaknya manfaat kayu manis bagi kesehatan bisan dilihat dalam uraian berikut ini.

Menurunkan resiko diabetes
Kayu manis memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan salah satunya adalah menurunkan resiko penyaki diabetes tipe 2. Kayu manis sangat berguna untuk mengatur kadar insuli dalam tubuh. untuk diketahui diabetes sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidak mampuan tubuh untuk menyerap insulin dengan baik.
Pada satu penelitian didapatkan bahwa makan kayu manis terbukti efektif menurunkan kadar gula dalam darah secara signifikan. Bahkan sejumput kayu manis sudah mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh.
Menjaga kesehatan jantung
Kayu manis sangat berguna untuk mencegah serangan penyakit jantung karena kayu manis sendiri memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan sehingga kayu manis sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel jantung dan kerusakan pada arteri pembuluh darah sehingga kayu manis dapat dikatakan mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu kayu manis merupakan bahan makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (HDL), kolesterol jahat sendiri merupakan salan satu penyebab utama dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
Mencegah kanker usus
Kayu manis mampu menurunkan resiko kanker usus karena kayu manis sendiri merupakan bahan makanan yang kaya akan serat dan kalsium, sehingga mampu melindungi dan mecegah kerusakan sel-sel tubuh pada usus, hati dan empedu. Pada banyak penelitian sendiri khasiat kayu manis untuk mencegah serangan penyakit kanker usus sudah dibuktikan dimana mengkonsumsi kayu manis mampu menurunkan resiko kanker usus secara signifikan.
Menenangkan pikiran
Pada satu penelitian kayu manis ternyata mampu menenangkan pikiran, hal ini sangat dimungkinkan karena kayu manis memiliki bau aromatik yang khas sehingga mampu menstimulus sel otak. Mencium bau kayu manis sebelum tidur juga sangat membantu untuk menghindarkan kita dari insomnia atau sulit tidur karena kayu manis mampu menenangkan pikiran kita ketikan akan tidur. Untuk diketahui sebagian besar insomnia atau sulit tidur lebih disebabkan oleh kondisi pikiran yang tidak tenang.
Memperlancar peredaran darah
Manfaat kayu manis lainya yang sangat penting adalah memperlancar peredaran darah dalam tubuh, sehinga kayu manis sanga bergunan untuk mencegah pembekuan darah. Adalah kandungan coumarin pada yang membuat kayu manis mampu memperlancar peredaran darah. Dengan kemampuanya untuk memperlancar peredaran darah, kayu manis secara tidak langsung juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
Demikian salah satu manfaat dari kayu manis, kita bisa dengan mudah mendapatkan kayu manis diberbagai toko makanan atau obat dan kita bisa mencampurnya dengan teh untuk mendapatkan khasiatnya.



No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,