Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Mata Kering


Mata kering merupakan salah satu jenis gangguan pada mata yang paling sering dialami, saya sendiri pernah mengalami sakit mata kering. Mengalami mata kering membuat mata saya menjadi sakit perih dan nyeri. Saya sendiri mengalami penyakit mata kering karena hidup di daerah perkotaan, yang macet dan polusi menjadi bagian sehari-hari dalam kehidupan saya. Polusi berupa debu dan kotoran lainya masuk ke mata dan membuat pori-pori pada mata menjadi tertutup sehingga membuat air mata terhambat untuk keluar, terhambatnya produksi air mata inilah yang membuat mata menjadi kering dan terasa nyeri, sakit dan kemerahan.
Kadang mata akan terasa di tusuk-tusuk tentu saja gangguan mata kering ini mebuat penglihatan menjadi kabur tidak jelas, jauh dibawah normal. Mata kering sendiri tergolong penyakit yang ringan, namun jika tidak segera diobati maka dapat menimbulkan penyakit berbahaya pada mata seperti rabun dan makula.
 gangguan mata kering yang saya alami tentu saja sangat mengganggu pekerjaan saya karena pekerjaan menjadi tidak maksimal. Untungnya setelah satu hari mengalami mata kering saya segera konsultasi ke dokter sepsialis mata, dan akhirnya bisa sembuh dengan segera. Nah buat anda yang mengalamin gangguan mata kering berikut ini adalah berapa tips dari saya untuk Mencegah, Mengatasi Dan Mengobati Mata Kering.
Kompres mata
Yang saya lakukan untuk menghilangkan gangguan mata kering adalah dengan mengkompres mata saya dengan handuk yang sudah direndam denga air hangat sebelumnya, air hangat pada handuk akan membuat kotoran menjadi lunak dan mudah untuk dibersihkan. Disamping itu air hangat pada handuk sangat berguna untuk menghilangkan atau membersihkan berbagai macam bakteri pada mata. Air hangat pada handuk juga sangat berguna untuk membuat mata terasa nyaman tidak tegang karena sakit, mengurangi rasa sakit pada mata air hangat juga berguna melancarkan peredaran darah pada jaring saraf mata sehingga membantu mengeluarkan berbagai macam racun berbahaya pada mata.
Cuci tangan
Ketika mengalami mata kering saya sendir berusaha agar tangan saya selalu bersih dengan mencuci tangan terlbih dahulu sehingga tangan saya akan aman jika bersentuhan langsung dengan mata seperti mengucek mata. Umumnya mata kering menjadi semaki parah dikarenakan penderita mengucek mata menggunakan tangan, hal ini tentu tidak salah karena refleks alami, namun yang perlu diperhatikan adalah tangan harus dalam keadaan streril bersih dari bakteri dan kotoran.
Air mata buatan
Karena mata kering tidak lain adalah kurangnya produksi air mata maka yang saya lakukan untuk mencegah dan mengobatinya adalah dengan menggunakan obat tetes mata pada mata saya sehingga memaksa mata untuk mengeluarkan air mata dan mampu mencegah kekurangan air mata.
Makanan sehat
Makanan sehat menjadi keharusan untuk mencegah dan mengobati mata kering, vitamin A menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Memiliki bahan makanan yang sehat menjadi salah satu cara saya untuk mengobati mata kering. Makanan seperti wortel dan sayuran memiliki kandungan vitamin A dan juga antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri juga dikenal memiliki manfaat untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas dan berbagai bakteri yang berbahaya bagi mata kita.
Istirahat yang cukup
Mengedipkan mata sangat berguna untuk menjaga kelembaban mata sehingga tidak kering, untuk itu istirahat yagn cukup dengan tidur paling tidak 8 jam sehari sangat membantu menghindari dan mengobati mata kering.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,